Senin, 24 Desember 2018 09:51 WITA

Misi Akhir Tahun, SpaceX Luncurkan Satelit Militer

Editor: Andi Chaerul Fadli
Misi Akhir Tahun, SpaceX Luncurkan Satelit Militer

RAKYATKU.COM - SpaceX berhasil meluncurkan satelit Global Positioning System  (GPS) III pertama Angkatan Udara Amerika Serikat yang dijuluki Vespucci, dari Cape Canaveral, Florida dalam misi keamanan nasional pertama AS milik perusahaan penerbangan itu.

Perusahaan telah merencanakan untuk menyelesaikan peluncuran, yang terakhir tahun ini, awal minggu ini tetapi angin kencang menyebabkan penundaan, dikutip dari Techcrunch, Senin (24/12/2018).

SpaceX memenangkan kontrak National Security Space (NSS) dengan Angkatan Udara pada tahun 2016 dan bermaksud untuk meluncurkan tambahan empat misi GPS III di Falcon 9, roket dua tahap yang diproduksi oleh perusahaan.

GPS dimiliki oleh militer AS dan dioperasikan oleh Angkatan Udara. Dibangun selama Perang Dingin , ini telah digunakan untuk tujuan komersial sejak pertengahan 2000-an. 

Satelit GPS baru, yang dibangun oleh Lockheed Martin, akan memberikan akurasi tiga kali lebih baik daripada sistem GPS saat ini dan akan delapan kali lebih baik dalam anti-gangguan, menurut SpaceX.

Loading...

“Satelit GPS generasi terbaru ini dirancang dan dibangun untuk memberikan informasi penentuan posisi, navigasi, dan waktu,” tulis perusahaan itu. "GPS digunakan oleh lebih dari empat miliar pengguna dan mendukung misi penting di seluruh dunia."

SpaceX telah menyelesaikan 21 peluncuran pada tahun 2018, naik dari 18 tahun lalu, dalam apa yang menjadi tahun spanduk bagi perusahaan. 
Didirikan pada tahun 2002 oleh Elon Musk, itu juga dikatakan mengumpulkan $500 juta dengan nilai $30,5 miliar untuk membantu mendanai  proyek layanan internet Starlink, yang akan membuat perusahaan meluncurkan 11.000 satelit untuk meningkatkan konektivitas internet di seluruh dunia. 

Putaran modal baru akan membawa total yang dinaikkan sampai saat ini menjadi lebih dari $ 2,5 miliar.

Tags
Loading...
Loading...