Minggu, 23 Desember 2018 19:06 WITA

Badan Antariksa Eropa Kirim Kartu Natal dari Mars, Fotonya Kawah Gunung Es Raksasa

Editor: Andi Chaerul Fadli
Badan Antariksa Eropa Kirim Kartu Natal dari Mars, Fotonya Kawah Gunung Es Raksasa

RAKYATKU.COM - Satelit Mars Express dari Badan Antariksa Eropa (ESA) telah mengirim pulang gambar kartu Natal spektakuler dari Planet Mars.

Kawah itu dinamai kawah Korolev yang terbentuk akibat tumbukan selebar 82 km (50 mil) di dekat kutub utara planet merah tersebut.

Kawah ini berisi sekitar 2.200 kilometer kubik es hingga kedalaman 2 km (1,2 mil).

Misi Mars Express ESA diluncurkan kembali pada tahun 2003. Misi ini diluncurkan ke orbit di sekitar Mars pada Hari Natal tahun itu, menjadikan bulan ini peringatan 15 tahun dari awal program sainsnya, dikutip dari Sky News, Minggu (23/12/2018).

Gambar kartu Natal yang indah dan dua lainnya adalah "perayaan yang luar biasa dari tonggak sejarah", menurut ESA.

loading...

Mereka diambil oleh Kamera Stereo Resolusi Tinggi Mars Express (HRSC) dan pandangan yang mereka tawarkan tentang kawah Korolev terdiri dari lima "strip" berbeda yang telah digabungkan untuk membentuk satu gambar.

Setiap jalur dikumpulkan di atas orbit yang berbeda, dan gambar-gambar itu mencakup pandangan, konteks, dan pandangan topografi, yang semuanya dikatakan ESA menawarkan pandangan yang lebih lengkap tentang medan di dalam dan sekitar kawah.

Kawah ini dinamai setelah Sergei Korolev, kepala insinyur roket dan desainer pesawat ruang angkasa, yang dikenal sebagai bapak teknologi ruang angkasa Soviet.

Mr Korolev bekerja di sejumlah misi terkenal termasuk program Sputnik - satelit buatan pertama yang dikirim ke orbit di sekitar Bumi pada tahun 1957.

Tags
Loading...
Loading...