Jumat, 21 Desember 2018 15:03 WITA

Bangga, Makassar F8 Masuk Top 10 Nasional Event Kementerian Pariwisata

Penulis: Sartika Marzuki
Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Bangga, Makassar F8 Masuk Top 10 Nasional Event Kementerian Pariwisata
Foto/Dok.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Menteri Pariwisata RI Arief Yahya, menetapkan Makassar Internasional Eight Festival and Forum (F8) masuk dalam Top 10 Nasional Event sebagai Calendar of Events Kementerian Pariwisata Tahun 2019.

Festival tahunan yang digelar sejak 2016 ini, disejajarkan dengan sembilan event nasional lainnya. Antara lain Bintan Triathlon, Java Jazz Festival, Karnaval Kemerdekaan, Asia Afrika Festival, Borobudur Marathon, Banyuwangi Ethno Carnaval, Jember Fashion Carnaval, Sanur Village Festival dan Pesta Kesenian Bali.

Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto pun menyambut baik kabar tersebut. Sebagai inisiator dari F8, pria yang akrab disapa Danny ini mengaku telah menyiapkan sistem untuk mempertahankan predikat tersebut.

“Kita akan tetap mempertahankan untuk menjadi Top 10 Nasional Event Kementerian Pariwisata Tahun 2020 selanjutnya. Saya sudah merancang kegiatan yg lebih spektakuler dan pastinya akan lebih milenial dengan mengikuti trend saat ini," kata Danny.

Tetap berkolaborasi dengan delapan kurator, Danny mengungkapkan bahwa pelaksanaan F8 selanjutnya, akan mengusung Four Point Zero Festival atau disingkat 4.0.

Untuk diketahui, F8 merupakan event terbesar yang diselenggarakan di Kota Makassar. Dalam setiap pelaksanaannya, festival ini selalu diikuti berbagai daerah bahkan hingga mancanegara.

Loading...

Beberapa di antaranya yaitu Jepang, Korea Selatan, Malaysia, dan Filipina. Juga dari Italia, Spanyol, Amerika Serikat, Polandia, Meksiko dan Australia.

Pada F8 Oktober 2018 lalu, total pengunjung tercatat mencapai 2,5 juta orang. Dengan transaksi hingga Rp21 miliar.

Sementara itu, mantan Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar, Rusmayani Majid mengatakan, keberhasilan F8 masuk dalam Top 10 Nasional Event Kementerian Pariwisata adalah hal yang sangat luar biasa.

"Alhamdulillah, F8 bisa masuk dalam dalam Top 10 Nasional Event. Kegiatan ini merupakan ide kreatif dari Bapak Walikota. Bagaimana kita menyatukan 8 subsektor ekonomi kreatif dalam satu rangkaian dan langsung diterima berbagai kalangan," tuturnya.

F8 sendiri dapat terlaksana berkat kerjasama antara Pemerintah Kota Makassar dengan 8 kurator (fashion, food and fruits, fine arts, film, fusion music, flora fauna, fiction writers and fond, folk). Serta mendapat dukungan penuh dari masyarakat Kota Makassar.

Loading...
Loading...