Kamis, 20 Desember 2018 14:16 WITA

Dianggap Menyesatkan, Iklan Pasta Gigi Dilarang Tayang

Editor: Suriawati
Dianggap Menyesatkan, Iklan Pasta Gigi Dilarang Tayang
Getty Images

RAKYATKU.COM - Iklan pasta gigi Colgate dilarang tayang di Inggris karena dianggap menyesatkan, dengan mengklaim bisa "memperbaiki gigi sensitif secara instan".

Iklan berdurasi 20 detik itu disiarkan pada bulan Agustus, dan telah menarik enam keluhan dari Advertising Standards Authority (ASA) Inggris.

Iklan itu mengatakan bahwa pasta gigi Colgate bisa segera menyembuhkan gigi sensitif jika diterapkan dua kali sehari.

Perusahaan, Colgate-Palmolive mengklaim bahwa studi klinis menunjukkan produknya memperbaiki celah mikroskopis pada enamel gigi dan produknya memberikan pelindung pada gigi untuk mengurangi rasa sakit akibat gigi sensitif.

Namun, ASA mengatakan bahwa cara itu tidak bisa dikatakan memperbaiki gigi dan menyimpulkan bahwa klaim "memperbaiki gigi secara instan" tidak terbukti.

"Kami tidak melihat bukti bahwa produk itu mampu meregenerasi enamel yang telah aus, mengembalikan gusi yang surut atau gigi itu segera dikembalikan ke kondisi yang sehat melalui penggunaan produk," kata ASA, dikuitip dari campaignlive.co.uk.

Loading...

Lebih lanjut, ASA mengatakan bahwa iklain Colgate menyesatkan calon pembeli.

"Karena iklan itu menyiratkan bahwa produk itu memiliki efek restoratif pada gigi sensitif dan itu tidak terjadi, kami menyimpulkan bahwa klaim itu menyesatkan dan tidak terbukti."

ASA akhirnya memutuskan bahwa iklan itu tidak boleh lagi ditayangkan dan bahwa perusahaan tidak boleh membuat klaim serupa kecuali mereka memiliki bukti.

Ini adalah iklan Colgate-Palmolive kesembilan yang dilarang dalam tujuh tahun, lima di antaranya untuk produk gigi.

Loading...
Loading...