Rabu, 19 Desember 2018 08:42 WITA

"Awalnya Saya Mendengar Suara Gemuruh", Detik-detik Jalan Amblas di Surabaya

Editor: Nur Hidayat Said
Kondisi jalan amblas di Kawasan Gubeng Surabaya, Jawa Timur, Selasa (18/12/2018). (ANTARA FOTO/Didik Suhartono)

RAKYATKU.COM, SURABAYA - Ada suara gemuruh sebelum Jalan Raya Gubeng Surabaya amblas, Selasa malam (18/12/2018).

Kesaksian petugas keamanan salah satu kantor yang tak jauh dari lokasi kejadian, mengaku sempat menolong beberapa orang yang hampir saja jadi korban amblasnya jalan.

"Awalnya saya mendengar suara gemuruh. Beberapa menit kemudian saya mencoba memastikan dengan mendatangi titik suara. Dari situlah saya baru tahu kalau ada jalan ambles tepat di depan kantor Bank BNI," jelas Ali Topan, security kantor yang dekat dari lokasi kejadian dikutip Suara.com.

Saat memastikan kejadian tersebut, Ali melihat ada beberapa orang yang berteriak. "Saya tadi sempat menolong beberapa orang yang hampir saja jadi korban. Tapi kalau ada yang ikut terbawa reruntuhan jalan aspal saya tidak tahu pasti," katanya.

Ratusan warga memenuhi Jalan Raya Gubeng Surabaya untuk menyaksikan jalan ambles yang diperkirakan terjadi Pukul 21.00. Namun, warga tidak bisa mendekat dikarenakan terhalang oleh garis polisi yang dipasang sekira 20 meter dari tempat kejadian.

Di lokasi kejadian, banyak warga yang terus berusaha mengabadikan kejadian tersebut. Bahkan, ada juga yang berusaha menerobos garis polisi.

Jalan Raya Gubeng ambles sekira berdiameter 20 meter. Sementara lebarnya sekira 10 meter.

Rudianto, salah satu korban selamat bersyukur tidak ikut tertelan amblasnya tanah.

Loading...

Sesaat sebelum kejadian, dengan menggunakan mobil, lelaki yang biasa disapa Rudi ini melintas di Jalan Raya Gubeng. Rencananya, dia akan pergi ke Jalan Kertajaya.

Hanya berjarak kurang lebih 10 meter dari tempat kejadian, tiba-tiba Rudi menghentikan laju mobilnya. 

"Saya lihat plakat Bank BNI miring dan beberapa penumpang mobil di depan saya berlarian. Seketika itu saya rem mobil saya dan saya belokkan ke kanan," jelas Rudi.

Setelah menyelamatkan diri, 15 menit kemudian Rudi kembali ke lokasi kejadian untuk melihat apa yang sebenarnya terjadi. Setelah tahu ternyata ada jalan amblas. "Ya Allah alhamdulillah saya selamat," kata Rudi.

Rudi menjelaskan, saat kejadian ada kurang lebih dua sampai tiga mobil di depannya yang ditinggalkan pemiliknya. 

"Kurang lebih ada dua sampai tiga mobil yang ikut amblas. Tapi kalau korban saya kurang tahu," aku Rudi.

Loading...
Loading...