Minggu, 16 Desember 2018 21:01 WITA

Survei: Indonesia Negara Paling Dermawan di Dunia

Editor: Nur Hidayat Said
Survei: Indonesia Negara Paling Dermawan di Dunia
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Survei terbaru menempatkan Indonesia, Singapura, dan Myanmar, termasuk di antara 10 negara paling dermawan di dunia. Itu berdasarkan kesanggupan warganya menyumbangkan uang atau sukarelawan untuk tujuan kemanusiaan.

Perusahaan konsultan manajemen yang berbasis di Washington, Gallup, merilis laporan World's Most Generous Countries 2018. Hasilnya, Indonesia menduduki peringkat teratas dengan Highest Civic Engagement Index Score sebesar 59.

Posisi Indonesia mengalahkan Selandia Baru dan Amerika Serikat, dengan poin sebesar 58. Disusul Irlandia dan Inggris, dengan skor masing-masing 56 dan 55.

Singapura berada di urutan ketujuh dalam 10 besar. Sementara itu, Myanmar di urutan kesembilan setelah Kenya.

Dilansir Asian Correspondent, survei ini melibatkan pengumpulan tanggapan positif terkait tiga pertanyaan ke dalam skor Civic Engagement Index untuk setiap negara dengan skor tertinggi adalah 100.

loading...

Pada 2017 lalu, perusahaan bersangkutan mengajukan survei kepada orang dewasa di 146 negara, apakah mereka telah menyumbangkan uang untuk amal, waktu sukarela kepada organisasi, atau membantu orang asing yang membutuhkan dalam sebulan terakhir.

Gallup menemukan rata-rata 43 persen di seluruh dunia mengatakan mereka telah membantu orang asing atau seseorang yang tidak mereka kenal. Sementara itu, jauh lebih sedikit mengatakan mereka telah menyumbangkan uang (27 persen) atau meluangkan waktu secara sukarela (18 persen).

"Indonesia secara konsisten telah muncul di antara 10 negara teratas, dengan skor keterlibatan sipil tertinggi dalam beberapa tahun terakhir, dan skor mereka pada tahun 2017 tidak jauh berbeda dari tahun 2016," demikian laporan itu.

Mayoritas di Indonesia (53 persen) mengatakan mereka telah merelakan waktu mereka untuk sebuah organisasi dalam sebulan terakhir. Hal itu memberikan kontribusi sangat besar terhadap skor keseluruhan negara.

Loading...
Loading...