Selasa, 11 Desember 2018 16:31 WITA

KOC Makassar, Mengakomodasi Minat Berbeda dalam Satu Wadah

Penulis: Syukur
Editor: Abu Asyraf
KOC Makassar, Mengakomodasi Minat Berbeda dalam Satu Wadah
Anggota KLX Owners Club (KOC) Makassar.

RAKYATKU.COM - Biasanya komunitas motor terbentuk karena kesamaan minat. Misalnya komunitas modifikasi, komunitas touring, komunitas balap, adventure, atau japstyle.

Nah, komunitas yang satu ini berbeda. KLX Owners Club (KOC) Makassar menyatukan member dengan minat berbeda. 

Seperti diketahui, Kawasaki KLX digunakan untuk berbagai hal. Ada yang menggunakan untuk kegiatan sehari-hari, ada yang hanya dipakai santai, kompetisi balapan, atau adventure.

Khusus untuk yang komunitas, KLX lebih banyak digunakan untuk trail adventure atau supermoto. 

Secara kasat mata, KLX adventure trail dan KLX supermoto dapat dibedakan. 
KLX trail Adventure menggunakan ban tipe dirt bike atau trabas atau offroad. Masyarakat umum lebih sering menyebutnya ban gigi.
 
Sementara KLX Supermoto menggunakan ban on-road dan pelek lebar. Ban on-road ini lebih nyaman digunakan di jalan beraspal karena tidak memiliki benjolan-benjolan seperti dirt bike.

KOC Makassar, Mengakomodasi Minat Berbeda dalam Satu Wadah

Dengan ban yang berbeda tersebut tentu saja medan antara trail adventure dan supermoto berbeda. Trail adventure dan supermoto memiliki jalur atau medan masing-masing.

KLX supermoto lebih sering digunakan untuk touring di jalan beraspal. Namun untuk trail adventure justru sebaliknya. Dengan model ban yang bergigi, gunung, hutan, sungai, bebatuan, lumpur dan medan-medan ekstrem menjadi surga untuk para pecinta trail adventure.

KOC Makassar memadukan antara pecinta motor yang hobi trail adventure dan pecinta motor yang hobi touring di aspal. 

"Semua yang mau gabung kami terima, yang penting motornya KLX.  Tapi yang member sekarang rata-rata memakai ban pacul (dirt bike)," ungkap Muh Ikhsan, ketua KOC Makassar.

Loading...

Bukan tanpa alasan semua pemilik KLX dipersatukan di KOC Makassar. Disebutkan, menjalin silaturrahmi antara sesama pecinta roda dua menjadi alasan mendasar.

"Tentunya kita berharap melalui komunitas kita saling kenal. Kita tidak ingin hanya sekadar komunitas. Kita ingin komunitas memberi manfaat, setidaknya untuk menjadi ajang silaturahmi," tambah Iccank, sapaan akrab Ikhsan.

Semenjak dibentuk pada 11 Desember 2016 lalu, KOC Makassar telah memiliki puluhan member dengan berbagai latar belakang pekerjaan. Namun Iccank menyebut awal mula KOC Makassar hanya dibentuk tiga orang yakni Chali, Indra dan Fahmi.

"KOC juga sudah ada di luar Makassar, sudah ada di daerah Belitung," tambahnya.

KOC Makassar, Mengakomodasi Minat Berbeda dalam Satu Wadah

Mempersatukan pecinta trail adventure dan pecinta supermoto membuat KOC Makassar lebih berwarna. Bahkan pengalaman touring ataupun trail adventure menjadi cerita seru di base camp KOC Makassar yang berada di Jalan Baji Pangasseng, Mamajang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan ataupun di tempat lain ketika ngumpul-ngumpul.
  
"Event trail adventure pasti ada member kita yang ikut. Kalau supermoto, sudah touring di beberapa daerah. Terakhir touring ke Soppeng. Semuanya punya cerita seru masing-masing," bebernya. 

DATA DAN FAKTA

Komunitas: KLX Owners Club (KOC) Makassar
Base Camp: Jalan Baji Pangasseng, Mamajang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan
Ketua: Muh Ikhsan alias Iccank

Loading...
Loading...