Senin, 10 Desember 2018 22:06 WITA

Kementan Bakal Bangun Pusat Perbenihan di Luwu Raya

Penulis: Fathul Khair
Editor: Aswad Syam
Kementan Bakal Bangun Pusat Perbenihan di Luwu Raya
Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman (kedua kanan), berbincang soal inovasi di bidang pertanian.

RAKYATKU.COM, BANDUNG - Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Direktur Jenderal Perbenihan Perkebunan Kementerian Pertanian, akan membuka pusat perbenihan bersertifikasi di Luwu. Hal ini untuk menindaklanjuti gagasan yang pernah disampaikan Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman. 

"Kami akan membangun inovasi teknologi perbenihan yang dipusatkan di Luwu Raya, untuk mengembalikan kejayaan Kakao," kata Direktur Perbenihan Perkebunan Ir Muhammad Anas, saat menghadiri Hari Perkebunan ke-61 di Bandung, dalam keterangan pers yang diterima Rakyatku.com, Senin (10/12/2018).

Anas menuturkan, tidak hanya di Sulsel, tetapi di Sulawesi dan sekitarnya, nanti akan menyuplai benih untuk peremajaan tanaman-tanaman kakao yang sudah tua.

Sehingga, dengan adanya ketersediaan benih ini, akan tersaji penyediaan benih gratis kepada masyarakat yang bersertifikat.

Loading...

Dengan adanya program ini lanjut dia, para petani bisa mendapat benih yang lebih baik. Hal ini juga sesuai dengan misi Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Sulaiman di bidang pertanian.

"Tingkat produksi nantinya akan mencapai 2 hingga 3 ton, sehingga tanaman-tanaman kakao yang sudah tua ini, diganti dengan varietas unggul dan bersertifikat. Dan kami dari Kementerian Pertanian melalui penegasan Bapak Menteri, akan mendukung sepenuhnya program tersebut," tandasnya.

Loading...
Loading...