Senin, 10 Desember 2018 16:59 WITA

Peringatan Hari HAM di Makassar Diwarnai Unjuk Rasa

Penulis: Himawan
Editor: Mulyadi Abdillah
Peringatan Hari HAM di Makassar Diwarnai Unjuk Rasa
Aksi unjuk rasa di Jalan Sultan Alauddin, Kota Makassar, pada Senin, (10/12/2018).

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Peringatan Hari Hak Asasi Manusia (HAM) sedunia di Kota Makassar diwarnai aksi unjuk rasa pada Senin, (10/12/2018). Aksi ini sekaligus memperingati hari anti korupsi sedunia yang jatuh 9 Desember. 

Misalnya di Jalan Sultan Alauddin. Demonstran dari sejumlah elemen, menutup setengah dari masing-masing ruas jalan. Mereka menggunakan tiga mobil truk besar. 

Buntutnya, kemacetan parah terjadi dari arah Kabupaten Gowa ke arah Jalan Pettarani Kota Makassar. Beberapa pengendara motor dan mobil tampak kesulitan saat menembus jalan tersebut. Pengendara juga kesulitan dengan asap dari ban yang dibakar oleh mahasiswa di jalan Alauddin. 

"Supremasi hukum di Indonesia hingga kini belum jelas dengan merajalelanya berbagai macam korupsi," ujar salah satu orator dalam aksi ini.

Para mahasiswa menganggap penegakan HAM di Indonesia masih bermasalah. 

"Banyak sekali kasus-kasus pelanggaran HAM yang belum terselesaikan hingga hari ini," ujar salah satu orator dari Himpunan Mahasiswa Islam.

Peringatan Hari HAM di Makassar Diwarnai Unjuk Rasa

Aksi serupa juga berlangsung di pertigaan Jalan AP Pettarani-Hertasning dan di bawah fly over menuju jalan tol. Aksi ini mendapat pengawalan ketat dari aparat kepolisian.