Kamis, 06 Desember 2018 21:21 WITA

DPLH-PKK Sulsel Dorong IRT Kelola Sampah dengan Efisien

Penulis: Nur Izzati
Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
DPLH-PKK Sulsel Dorong IRT Kelola Sampah dengan Efisien

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Dinas Pengelolaan Lingkungan Hidup (DPLH) Provinsi Sulawesi Selatan bekerjasama dengan TP PKK Sulsel, menggelar acara Sosialisasi Pengelolaan Ramah Lingkungan dalam Skala Rumah Tangga, di Ruang Rapim Kantor Gubernur Sulsel, Kamis (6/12/2018).

Kepala DPLH Sulsel, Andi Hasbi Nur mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan pengetahuan para pihak dalam mengkonversi sampah menjadi bahan yang berguna secara efisien dan ekonomis.

"Sosialisasi tentang pengelolaan dan pengolahan sampah rumah tangga ini adalah salah satu upaya untuk mewujudkan Sulsel menjadi ramah lingkungan," katanya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Sulsel, Listiety mengimbau para ibu rumah tangga, agar senantiasa mengelola limbah dan sampah, untuk dijadikan hal yang positif.

Kalau perlu nanti, kita akan pergi ke Jepang, unthk melihat bagaimana mereka mengelola limbah dan sampah di sana. Biat kita bisa belajar bersama-sama," ungkapnya.

Loading...

Menurut mantan Ketua TP PKK Bantaeng ini, sosialisasi yang dilakukan itu adalah salah satu bentuk upaya yang dilakukan pemerintah, bahwa limbah yang dihasilkan dari usaha masyarakat dapat dikelila dengan baik. Sehingga tidak berdampak pada masyarakat dan lingkungan yang ada.

"Rencananya, sampah-sampah yang bertumpuk di daerah Antang ith merupakan salah satu sasaran untuk kita kelola bersama," ungkapnya.

Dalam kegiatan tersebut, Ketua Tim Penggerak PKK Sulsel didampingi oleh Ketua PKK Pokja 4 PKK Sulsel, dr Siti Haeryah menerima sejumlah biopori, serta alat penggali dari DPLH Sulsel. 

Biopori itu nantinya diberdayakan oleh Tim PKK Sulsel ke masyarakat untuk mengolah sampah organik menjadi pupuk kompos.
 

Loading...
Loading...