Jumat, 07 Desember 2018 18:43 WITA

Pengolahan Terpilah bisa Kurangi Volume Sampah

Penulis: Nur Izzati
Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Pengolahan Terpilah bisa Kurangi Volume Sampah
Ilustrasi pemilahan sampah. Int.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pemerintah Provinsi Sulsel melalui Dinas Pengelolaan Lingkungan Hidup (DPLH) mengimbau masyarakat untuk mengolah sampah dengan cara yang benar.

Kepala DPLH Sulsel, Andi Hasbi Nur mengatakan, pengelolaan sampah diharapkan telah terpilah di tingkat rumah tangga. Minimal antara sampah organik dan non organik, kemudian ditempatkan di tempat sampah setiap sub RT atau setingkat RT, kemudian ditampung di tingkat RW atau kecamatan.

"Hal itu dilakukan sampai skala tempat penyimpanan sementara terpadu (TPST) dimana disana dilakukan lagi penyortiran," ungkapnya, Jumat (7/12/2018).

Lebih lanjut ia menjelaskan, dari hasil penyortiran di TPST ini, sampah yang tidak dapat dimanfaatkan lagi selanjutnya diangkut ke tempat pembuangan akhir (TPA). 

loading...

"Dan sekarang ini mekanisme di atas sebenarnya sudah sedikit terbantu dengan adanya bank sampah, dimana beberapa jenis sampah telah dipisahkan oleh masyarakat sendiri dan diserahkan ke bank sampah baik itu berupa botol plastik, kertas maupun logam," paparnya.

Menurtunya, bila mekanisme-mekanisme ini dapat berjalan dan terus ditingkatkan managemennya, maka mau tidak mau jumlah sampah yang terangkut ke TPA akan berkurang.

Loading...
Loading...