Senin, 10 Desember 2018 08:59 WITA

"Tinggalkan Negara Kami!" Prancis Geram Trump Komentari Politiknya

Editor: Suriawati
Menteri Luar Negeri Prancis Jean-Yves Le Drian

RAKYATKU.COM - Menteri Luar Negeri Prancis mengimbau Donald Trump untuk tidak ikut campur dalam urusan negaranya.

Komentar itu muncul pada hari Minggu (09/12/2018) setelah presiden AS mengkritik Prancis di Twitter atas kerusuhan di Paris.

"Perjanjian Paris tidak berjalan dengan baik untuk Paris. Protes dan kerusuhan terjadi di seluruh Prancis," tulis Trump.

Dalam sebuah tweet terpisah, Trump juga mengatakan: "Hari & malam yang sangat sedih di Paris. Mungkin sudah waktunya untuk mengakhiri Perjanjian Paris konyol dan sangat mahal dan mengembalikan uang kembali kepada orang-orang dalam bentuk pajak yang lebih rendah? AS jauh terdepan dalam kurva itu dan satu-satunya negara besar di mana emisi turun tahun lalu!"

Menanggapi komentar Trump, Menteri Luar Negeri Jean-Yves Le Drian mengatakan "tinggalkan negara kami!".

Loading...

"Kami tidak mencampuri politik domestik Amerika dan kami ingin itu dibalas," katanya kepada televisi LCI.

Le Drian juga mengatakan kebanyakan orang Amerika tidak setuju dengan Trump atas keputusannya untuk meninggalkan perjanjian iklim Paris tahun 2015.

Selama akhir pekan, pengunjuk rasa anti-pemerintah berhadapan dengan polisi anti huru hara di Paris dan kota-kota Prancis lainnya. Mereka melemparkan batu, membakar mobil, dan merusak toko-toko dan restoran.

Dinamai protes rompi kuning, aksi itu bertujuan untuk menyuarakan ketidak puasan atas kinerja presiden Emmanuel Macron. Mereka juga memprotes atas meningkatnya biaya hidup dan menuduh Macron hanya mencari kekayaan.

Loading...
Loading...