Minggu, 09 Desember 2018 19:25 WITA

Pesawat Kelebihan Muatan, Pilot Take Off di Ujung Landasan

Editor: Aswad Syam
Pesawat Kelebihan Muatan, Pilot Take Off di Ujung Landasan
Suasana Bandara Gatwick.

RAKYATKU.COM, LONDON - Pilot menjalankan roda pesawat Boeing 787-9 ke runway Bandara Gatwick. Saat meningkatkan kecepatan untuk take off, dia gagal mencapai kecepatan 155 mph untuk mendorong pesawat ke langit.

Ternyata, berat beban pesawat 12 ton, membuat burung besi berpenumpang 270 orang, tak bisa terdorong ke langit.

Landasan pacu hanya tersisa 600 meter, ketika pilot menambah kecepatan. Pesawat penerbangan Dreamliner ke Buenos Aires pun berhasil take off di ujung landasan.

Air Accident Investigation Branch mengatakan, setiap upaya untuk membatalkan lepas landas bisa memicu bencana 'overrun'.

Pilot maskapai Norwegia mengatakan, mereka tidak menyadari bahwa mereka telah meluncur 417 meter melewati awal landasan pacu, dan menyalahkan tanda buruk di Gatwick.

Pesawat itu 12 ton terlalu berat untuk lepas landas dari titik di mana pesawat mulai terbang.

Sebuah laporan yang baru diterbitkan ke dalam insiden bulan Maret mengungkapkan, "Setelah keberangkatan kedua pilot berkomentar, bahwa tidak ada banyak landasan yang tersisa saat peluncuran."

Loading...

Laporan itu menambahkan, "Awak tidak mengidentifikasi awal landasan pacu dan meluncur ke depan ke ambang pendaratan sebelum memulai lepas landas mereka.

"Ini mengurangi jarak take-off yang tersedia, dan berarti bahwa pesawat tidak memenuhi persyaratan kinerja yang diatur untuk berat take-off yang sebenarnya.

"Jarak yang tersedia untuk take-off tidak akan memadai jika mesin pesawat gagal dan kru memutuskan untuk berhenti."

Empat penerbangan lainnya, gagal dimulai di tempat yang tepat di landasan siaga bandara - dikenal sebagai 26R - antara September 2017 dan Maret tahun ini.

Bos bandara telah mengusulkan membawanya ke dalam penggunaan rutin, untuk keberangkatan sebagai bagian dari strategi untuk meningkatkan kapasitas.

Bandara telah setuju untuk meningkatkan kesadaran tentang awal landasan pacu, terutama pada malam hari.

Loading...
Loading...