Minggu, 09 Desember 2018 11:30 WITA

Polisi: KTP Elektronik di Duren Sawit Masih Ada yang Berlaku

Editor: Abu Asyraf
Polisi: KTP Elektronik di Duren Sawit Masih Ada yang Berlaku
Anak-anak menemukan e-KTP dalam karung di Duren Sawit.

RAKYATKU.COM - Temuan electronic KTP (e-KTP) di Duren Sawit, Jakarta Timur masih menimbulkan tanda tanya besar. Apalagi ini bukan yang pertama.

Hal yang mencurigakan karena sebagian e-KTP tersebut masih berlaku. KTP itu ditemukan di dekat persawahan yang terbungkus karung. Ada 1.706 e-KTP yang ditemukan.

Kapolsek Duren Sawit, Kompol Parlindungan Sutasuhut mengatakan, awalnya anak-anak yang sedang bermain bola melihat karung. Mereka penasaran lalu mengeluarkan isinya. Ternyata e-KTP. Sebagian besar sudah tidak berlaku atau expired.

"Ada yang berlaku tetapi tinggal 1-2 bulan lagi," kata Parlindungan Sutasuhut, Sabtu (8/12/2018).

Dirjen Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif Fakrulloh mengaku akan berkoordinasi dengan polisi soal temuan ribuan e-KTP di Duren Sawit, Jakarta Timur. Zudan mengatakan, ribuan e-KTP yang ditemukan polisi itu merupakan buatan beberapa tahun lalu.

KTP tersebut dibuat tahun 2011, 2012, dan 2013. Dia mengaku menyerahkan kepada aparat penegak hukum untuk mengusutnya.

Meskipun begitu Zudan menegaskan, e-KTP yang sudah tidak berlaku tidak bisa dibuang begitu saja. Menurutnya, ada proses yang harus dilakukan.

"Jadi sebenarnya prosedurnya itu tidak boleh ada KTP yang dibuang. Harus dimasukkan ke dalam gudang untuk pemusnahan caranya dengan dipotong terlebih dahulu," terang Zudan.

Berita Terkait