Minggu, 09 Desember 2018 10:15 WITA

"Bebaskan CFO Huawei atau Hadapi Konsekuensi!" China Peringatkan Kanada

Editor: Suriawati
Meng Wanzhou

RAKYATKU.COM - China memperingatkan Kanada untuk segera membebaskan CFO Huawei, atau negara itu akan menghadapi "konsekuensi berat".

"China sangat mendesak pihak Kanada untuk segera membebaskan orang yang ditahan itu, dan dengan sungguh-sungguh melindungi hak mereka yang sah," kata pernyataan yang dirilis oleh Kementerian Luar Negeri China pada hari Sabtu (08/12/2018).

"Jika tidak Kanada harus menerima tanggung jawab penuh atas konsekuensi serius yang ditimbulkan."

Saat ini belum ada ada reaksi dari kantor Menteri Luar Negeri Kanada mengenai peringatan China.

Namun Perdana Menteri Justin Trudeau telah menanggapi pernyataan terkait respon China atas penangkapan Meng dengan mengatakan bahwa Kanada memiliki hubungan yang sangat baik dengan Beijing.

Meng Wanzhou, CFO Huawei yang juga merupakan putri pendiri perusahaan teknologi China itu ditangkap di Kanada pada 1 Desember dan menghadapi ekstradisi ke Amerika Serikat.

AS menuduh wanita berusia 46 tahun itu melanggar sanksi AS terhadap Iran.

Jika diekstradisi ke AS, Meng dapat menghadapi tuduhan konspirasi untuk menipu beberapa lembaga keuangan, dengan hukuman maksimal 30 tahun penjara untuk setiap dakwaan.

Pada hari Jumat, pengadilan Kanada mendengar permohonan ekstradisi, tapi tidak ada keputusan yang dicapai meski persidangan berlangsung selama hampir enam jam. Kasus ini akan didengarkan kembali pada hari Senin.

Tags