Sabtu, 08 Desember 2018 22:45 WITA

Bentrok Demo BBM Paris Berlanjut, 700-an Orang Sudah Ditahan

Editor: Andi Chaerul Fadli
Bentrok Demo BBM Paris Berlanjut, 700-an Orang Sudah Ditahan

RAKYATKU.COM - Polisi anti huru hara Paris menembakkan gas air mata dan peluru karet dekat boulevard Champs-Elysees yang terkenal melawan "rompi kuning" pengunjuk rasa yang pementasan akhir pekan yang lain dari demonstrasi terhadap Presiden Prancis Emmanuel Macron.

Pemerintah Perancis mengatakan 31.000 orang melakukan protes di seluruh Prancis, termasuk 8.000 orang di Paris. Sekitar 700 orang telah ditangkap sejauh ini hari ini, dikutip dari Telegraph, Sabtu (8/12/2018).

Polisi mencoba mendorong kembali ratusan demonstran yang berkumpul di sekitar jalan perbelanjaan dan monumen Arc de Triomphe. Gendarmerie, polisi paramiliter Prancis, mengerahkan kendaraan lapis baja ke jalan-jalan di Paris.

Polisi menghentikan beberapa pengunjuk rasa naik kereta ke Paris dan menyita peralatan yang mereka khawatir akan digunakan untuk kerusakan kriminal. Mereka menemukan senjata seperti palu, pemukul bisbol, dan bola petanque logam pada mereka.

Donald Trump, presiden AS, tweeted "Perjanjian Paris tidak berjalan dengan baik untuk Paris", dalam upaya yang jelas untuk menghubungkan protes terhadap kesepakatan perubahan iklim ia menarik AS keluar.

Sekitar 89.000 polisi dikerahkan di seluruh negeri, yang sekitar 8.000 dikerahkan di Paris untuk menghindari pengulangan kekacauan Sabtu lalu ketika para perusuh membakar mobil dan menjarah toko-toko dari jalan raya Champs Elysees yang terkenal.