Sabtu, 08 Desember 2018 22:32 WITA

PBB Tentukan Dukungannya pada Pilpres di Januari 2019

Penulis: Rizal
Editor: Andi Chaerul Fadli
PBB Tentukan Dukungannya pada Pilpres di Januari 2019
Ketua DPW PBB Sulsel, Badaruddin Puang Sabang

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Meski tahapan Pilpres 2019 telah berjalan. Namun sampai saat ini Partai Bulan Bintang (PBB) belum juga bersikap mengenai siapa dukungannya di ajang pemilihan orang nomor satu di Indonesia tersebut. 

PBB belum menyatakan dukungan baik ke kandidat nomor urut satu Joko Widodo-Ma'ruf Amin, maupun nomor urut dua Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno. 

PBB baru akan menentukan arah dukungannya di Pilpres 2019 pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakernas) yang akan dihelat di Jakarta, Januari mendatang. Hal tersebut disampaikan Ketua DPW PBB Sulsel, Badaruddin Puang Sabang. 

"Sampai saat ini partai belum menentukan sikap. Memang, Pilpres itu penentuannya pusat, kewenangannya di sana (DPP). Penentuannya nanti setelah rapat koordinasi nasional pada bulan Januari mendatang," ungkap Badaruddin, Sabtu (8/12/2018).

Dirinya berharap, penentuan dukungan ke salah satu kandidat Pilpres bisa memberi keuntungan bagi Partai supaya bisa meloloskan calegnya ke DPR RI dan lolos parliementary tresshold (PT) 4 persen. Mengingat, PBB saat ini tidak memiliki seorang pun wakil di Senayan. 

"Bagaimana, PBB bisa mengambil manfaat (dari Pilpres) untuk bisa lolos ke parlemen kembali. Itu hanya tujuan kita. Karena, percuma juga, bagaimana kita mau bela islam, bagaimana kita bela rakyat, kalau tidak punya kekuasaan sedikit pun. Makanya kita target lolos PT 4 persen," tambah Badaruddin.

Dengan demikian, kata Badaruddin, PBB Sulsel menyerahkan sepenuhnya langkah strategis penentuan dukungan kepada pimpinan DPP, dalam hal ini Yuzril Ihza Mahendra sebagai Ketua Umum. Menurut dia, apapun keputusan yang dibuat Yuzril, akan diikuti oleh DPW.

"Pada prinsipnya, apapun yang menjadi keputusan DPP, dalam hal ini ketua umum (Yuzril), kita menyerahkan sepenuhnya untuk menentukan sikap. Apapun sikap atau langkah strategis yang diambil, DPW Sulsel siap. Sami'na wa ata'na," tutupnya.

Sekadar diketahui, saat ini, Yuzril sendiri telah menjadi salah seorang tim hukum Jokowi-Ma'ruf. Hanya saja, sikap itu memang keputusan personal. Tanpa, membawa statusnya sebagai ketua umum PBB.