Sabtu, 08 Desember 2018 21:58 WITA

Mesir Selidiki Pelaku Foto Telanjang di Piramida

Editor: Andi Chaerul Fadli
Mesir Selidiki Pelaku Foto Telanjang di Piramida

RAKYATKU.COM - Pihak berwenang di Mesir sedang menyelidiki setelah seorang fotografer Denmark mendaki Piramida Agung dan mengambil gambar eksplisit di bagian atas.

Gambar-gambar dari Andreas Hvid dan seorang wanita yang tidak dikenal diposting di situs webnya dan dimasukkan dalam video YouTube yang dia bidik ketika mendaki monumen.

Video ini tidak lagi diposting di halaman YouTube-nya tetapi yang lain telah mem-posting ulang, dan rekaman itu menunjukkan Dane dan wanita itu mencapai puncak 455 kaki dan melihat pemandangan Kairo di bawah.

Gambar diam eksplisit yang dimasukkan ke dalam video dan diposting di situs webnya menunjukkan Hvid di atas wanita yang berbaring di puncak piramida 4.500 tahun. Tidak memakai pakaian.

Klip lain dalam video menunjukkan wanita itu sedang melepas atasannya, dikutip dari Sky News, Sabtu (8/12/2018).

Situs web Egypt Today mengatakan Mr Hvid menulis dalam deskripsi untuk video sebelum itu tampaknya diturunkan: "Pada akhir November 2018, seorang teman dan saya mendaki Piramida Agung Giza (alias Piramida Khufu, Piramida Cheops).

"Karena takut dikenali oleh banyak penjaga, saya tidak memfilmkan beberapa jam menyelinap di Giza Plateau, yang mengarah ke pendakian."

Kantor berita negara Ahram Online mengatakan pada hari Jumat bahwa menteri barang antik Khaled el Anany telah merujuk kasus ini ke jaksa penuntut umum untuk penyelidikan.

Dia mengatakan tindakan itu melanggar moralitas publik dan insiden dan video akan diselidiki oleh jaksa agung.

Mendaki Piramida Giza di luar batas tertentu dilarang dan seluruh situs berada di luar batas setelah jam 5 sore, setelah itu patroli oleh petugas polisi.

Negara yang kebanyakan Muslim menganggap piramida sebagai salah satu monumen terpentingnya.

Direktur arkeologi situs, Ashraf Mohi, sebelumnya mengatakan dia yakin video itu palsu karena "iluminasi" yang tidak dapat dijelaskan di dekat cakrawala.

Foto-foto dan video itu dikatakan telah dibagikan ratusan kali di media sosial, dengan reaksi marah dari banyak dari mereka yang berkomentar.

Salah satu poster terbaru, Martin Eiler, yang berkomentar di Facebook setelah gambar itu dihapus dari situs itu, berkata: "Andreas; pikirkan dan hapus piramid Anda (gambar) dari situs web Anda. Ini tidak legal, tapi yang lebih parah adalah itu tidak baik sama sekali ... "

Tags