Sabtu, 08 Desember 2018 20:08 WITA

Kloning Foto Pangdam di WA, Oknum Mahasiswa Ditangkap Tentara 

Penulis: Azwar Basir
Editor: Abu Asyraf
Kloning Foto Pangdam di WA, Oknum Mahasiswa Ditangkap Tentara 
Kepala Penerangan Kodam XIV/Hasanuddin Kolonel Drs Alamsyah

RAKYATKU.COM,MAKASSAR - Kodam XIV Hasanuddin menangkap tiga pemuda. Mereka ketahuan mengkloning foto Pangdam di WhatsApp lalu dipakai untuk memeras pejabat dan pengusaha.

Para pelaku memasang foto Pangdam pada foto profil mereka. Berbekal modal itu, mereka meminta uang kepada sejumlah korban. Tidak minta langsung, melainkan ditransfer.

Dua pelaku ditangkap Palopo berinisial AL dan AS. Setelah dilakukan pengembangan, tim kembali menangkap satu orang jaringan mereka yang berinisial IG, seorang mahasiswa.

Kepala Penerangan Kodam XIV/Hasanuddin Kolonel Drs Alamsyah mengatakan, proses penyelidikan kasus itu terus dikembangkan guna mengungkap modus yang merugikan banyak orang.

"Saat ini, tim kembali berhasil mendeteksi yang disinyalir menjadi induk dari jaringan yang digunakan oleh para pelaku," ucapnya.

Dari hasil penyelidikan ditemukan fakta bahwa jaringan ini tidak hanya ada dan bekerja di Sulsel, akan tetapi berkaitan dengan jaringan di berbagai daerah di Indonesia. 

"Mereka bekerja sama dengan pihak lain serta memiliki alat atau sistem IT yang canggih. Juga dikendalikan oleh operator yang saat ini masih dalam pengembangan oleh tim Kodam Hasanuddin. Diharapkan dalam waktu dekat ini dapat terungkap," tambah Alamsyah.