Sabtu, 08 Desember 2018 19:18 WITA

Kaesang Tak Ikut Jalan-Jalan di Kebun Raya Bogor, Jokowi: Mau Nyapres 2024

Editor: Abu Asyraf
Kaesang Tak Ikut Jalan-Jalan di Kebun Raya Bogor, Jokowi: Mau Nyapres 2024
Presiden Jokowi jalan-jalan bareng keluarga di Kebun Raya Bogor, Sabtu pagi (8/12/2018).

RAKYATKU.COM - Presiden Joko Widodo mengajak keluarganya jalan-jalan di Kebun Raya Bogor, Sabtu pagi (8/12/2018). Namun, ada yang kurang. Putra bungsunya, Kaesang Pangarep tak tampak.

Kompak mengenakan pakaian olahraga, Jokowi ditemani ibu negara Iriana, beserta anak, menantu, dan cucunya. Ada Gibran Rakabuming Raka beserta istri, Selvi Ananda, dan putra mereka, Jan Ethes Sri Narendra.

Hadir pula putri Jokowi, Kahiyang Ayu bersama suaminya, Bobby Nasution dan putri mereka, Sedah Mirah Nasution.

Jokowi bilang momen berkumpul seperti itu cukup langka. Maklum, anak-anaknya sudah punya kesibukan masing-masing.

Buktinya, Kaesang tidak bisa gabung. Hari ini, Kaesang sedang berada di Makassar untuk kompetisi games sebagai rangkaian promosi usahanya, Sang Pisang.

Jokowi sempat bercanda soal putra bungsunya itu. Dia mengatakan tidak pernah melarang anaknya untuk terjun ke dunia politik. Semuanya dibebaskan menentukan pilihan sejak kecil sesuai prinsip yang sudah ditetapkan.

"Prinsip-prinsip tadi sudah mereka tahu semua apa yang boleh dan tidak boleh. Misalnya besok mau nyalonin, tahu-tahu Kaesang mau nyalonin presiden di 2024 ya nggak ngerti juga saya," kata Jokowi sambil tertawa saat berbincang santai dengan wartawan di Grand Garden Cafe, kompleks Kebun Raya Bogor. 

Pernyataan Jokowi soal guyonan Kaesang bisa ikut Pilpres di 2024, langsung ditanggapi putra sulungnya Gibran Rakabuming Raka. Gibran menilai jenjang karier politik itu tidak bisa instan.

"Jangan seperti itu, harus mulai dari bawah dulu. Dari bupati, wali kota, gubernur, baru. Jadi ada jenjang kariernya," katanya.