Sabtu, 08 Desember 2018 17:08 WITA

Tak Mau Gunakan Nama Widodo, Ternyata Ini Alasan Anak-anak Jokowi

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Tak Mau Gunakan Nama Widodo, Ternyata Ini Alasan Anak-anak Jokowi
Presiden Joko Widodo bersama kelurga. (Foto/Detikcom).

RAKYATKU.COM - Putra pertama Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming, punya alasan tersendiri tidak menggukan nama keluarga, seperti kebanyakan anak pejabat. 

Memang, kerap kali nama belakang itu selalu ditonjolkan, agar publik tahu dirinya adalah anak dari pejabat atau tokoh tertentu dan mendapat perlakuan khusus. Namun, Gibran mengaku, sejak kecil ia dan kedua adiknya, dididik untuk mandiri.

"Dari dulu kan anak-anak bapak enggak ada yang pakai nama belakang. Jadi saya Gibran Rakabuming, Kaesang juga Kaesang Pangarep bukan Kaesang Widodo atau Kaesang Jokowi. Kita ini dituntut untuk menanggung nama sendiri, saya sebagai Gibran," kata Gibran.

Diakuinya dalam politik kerap menggunakan nama orangtua, yang sukses dalam pemerintahan maupun dalam karier politik, digunakan oleh anaknya. Namun, ia tidak melakukan itu.

Menurut Gibran, bahwa masyarakat mengenal Gibran atau Kaesang sebagai Putra Jokowi, Presiden RI ke-7, hanya bonus. 

"Tapi kita selalu menonjolkan nama sendiri-sendiri bukan nama orangtua. Kita berdua membesarkan nama kami sendiri tanpa embel-embel orangtua meski orang pasti mengaitkan hal itu. Tapi itu kami anggap sebagai bonus. Kami berdua tetap kerja keras," beber Gibran, dikutib Viva, Sabtu (8/12/2018).

Sementara itu, Jokowi sendiri mengaku senang, anak-anaknya bisa mandiri. Dengan begitu, Jokowi kini tidak lagi harus mengkhawatirkan masa depan anak-anaknya. 

"Saya bangga bersyukur mereka bisa mandiri. Ada yang jualan kopi, martabak, pisang goreng yang penting mandiri. Artinya saya sudah enggak mikir mereka harus dicarikan pekerjaan apa. Itu yang saya syukuri. Nikmat ada cucu lagi, perempuan sudah. Jan Ethes sudah, Sedah Mirah juga sudah," ungkap Jokowi.