Minggu, 09 Desember 2018 04:00 WITA

PBB Tolak Usulan Amerika Serikat Terkait Hamas

Editor: Andi Chaerul Fadli
PBB Tolak Usulan Amerika Serikat Terkait Hamas
Duta Besar AS, Nikky Haley

RAKYATKU.COM - Majelis Umum PBB telah menolak resolusi Amerika Serikat yang berusaha untuk mengutuk Hamas.

Resolusi yang didukung kuat oleh Israel itu, membutuhkan dua pertiga suara mayoritas untuk disampaikan pada Kamis lalu setelah pemungutan suara sebelumnya.

Proposal itu gagal melewati ambang suara dengan 87 negara memberikan suara dan 57 suara menentang, sementara 33 negara abstain, dikutip dari Al Jazeera, Minggu (9/12/2018).

Pemilihan sebelumnya untuk mensyaratkan mayoritas dua pertiga, yang mengikuti langkah prosedural yang diminta oleh Kuwait, jauh lebih dekat: 75-72, dengan 26 abstain.

Resolusi itu adalah salah satu tindakan terakhir duta besar AS di PBB Nikki Haley di badan internasional sebelum ia meninggalkan jabatannya pada akhir tahun.

Haley telah menulis surat kepada negara-negara anggota PBB pada hari Senin untuk mendesak mereka untuk memilih usulan yang dirancang AS. "Amerika Serikat mengambil hasil dari suara ini dengan sangat serius," tulis Haley dalam suratnya.

"Sebelum Majelis Umum dapat secara kredibel mendukung kompromi dan rekonsiliasi antara Palestina dan Israel, itu harus dicatat, tidak ambigu dan tanpa syarat, mengutuk terorisme Hamas," kata Haley.

PBB mengatakan bahwa itu adalah pertemuan tegang karena Majelis Umum pertama harus memutuskan bagaimana resolusi akan dipilih.

"Itu memiliki pemungutan suara mengenai apakah itu akan menjadi mayoritas sederhana atau mayoritas dua pertiga. Hasil itu sangat sempit tetapi mendukung dua pertiga, menempatkan bar yang jauh lebih tinggi untuk resolusi Duta Besar Haley.

"Ketika akhirnya terpilih, dia mendapat suara mayoritas tetapi dia tidak mendapatkan dua pertiga - pukulan bagi duta besar AS," kata Bays.