Minggu, 09 Desember 2018 06:00 WITA

Peneliti Terkejut, Baru Temukan Gua Raksasa di Kanada

Editor: Andi Chaerul Fadli
Peneliti Terkejut, Baru Temukan Gua Raksasa di Kanada

RAKYATKU.COM - Sebuah gua besar yang menganga telah ditemukan tersembunyi di padang belantara Kanada yang terpencil. Para peneliti menduga gua itu mungkin tidak pernah dilihat oleh manusia sebelumnya.

"Reaksi langsung saya adalah tidak mungkin ada gua di sana, itu tidak mungkin," kata geoscientist, Catherine Hickson, yang melakukan ekspedisi ke situs itu pada September, dikutip dari Global News, Minggu (9/12/2018).

"Ini sangat besar. Sangat besar. Saat pertama kali melihatnya, Anda hanya terkesiap karena ini hanya lubang besar di tanah."

Gua raksasa itu, yang belum secara resmi diberi nama, pertama kali dimata-matai dari helikopter pada bulan April selama penerbangan penghitungan karibu -penemuan peluang yang oleh para peneliti sekarang digambarkan sebagai "gua signifikansi nasional".

Para peneliti mengukur lubang goa sekitar 100 meter (328 kaki) panjang dengan 60 meter (197 kaki) lebarnya.

"Saya pernah berada di beberapa gua terbesar di dunia, dan benda ini memiliki pintu masuk yang benar-benar besar, dan tidak hanya oleh standar Kanada," kata Pollack kepada Canadian Geographic.

Tetapi jika penemuan itu berada di antara gua terbesar di Kanada, mengapa para peneliti tidak menyadari hal itu sebelumnya?

Menurut Hickson -yang perusahaannya, Tuya Terra Geo Corp, mendanai ekspedisi survei awal- situs di Wells Grey Provincial Park di mana gua itu terletak akan secara historis terkubur salju sepanjang tahun, sampai mungkin 20 hingga 50 tahun yang lalu.

Karena itu, dia berhipotesis bahwa penemuan peluang awal tahun ini bisa menjadi pertama kalinya manusia pernah melihat gua raksasa itu.

Bukan berarti mereka mengklaim itu sebagai fakta. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang gua dan sejarahnya, tim ini mengajak publik untuk maju jika ada yang mengetahui tentang kekosongan itu, dan berkonsultasi dengan masyarakat lokal First Nations untuk melihat apakah gua itu ada dalam catatan pribumi.

Di luar lingkup pengetahuan tradisional yang mungkin, tampaknya tidak ada penyebutan di mana pun yang terlihat oleh para peneliti - sesuatu yang membuat hipotesis penutup salju lebih terlihat pada taruhan tertentu, menurut mereka.

Tags