Sabtu, 08 Desember 2018 06:15 WITA

Pesan Terakhir Fais kepada Istri sebelum Jadi Korban KKSB Papua

Penulis: Himawan
Editor: Nur Hidayat Said
Pesan Terakhir Fais kepada Istri sebelum Jadi Korban KKSB Papua
Karangan bunga untuk Muhammad Fais Syahputra di Jalan Selayar, Kecamatan Biringkanaya, Makassar, Jumat (7/12/2018).

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kamis subuh 15 November 2018, Muhammad Fais Syahputra (29) menelepon istrinya, Fadilah Aulia tiga hari setelah dia tiba di Papua. Saat itu Fais dengan nada semangat memberitahukan dirinya akan pergi ke tempat kerjanya yang berada di wilayah Nduga. 

Subuh kali itu begitu dingin. Fadilah mendengarkan suara suaminya untuk terakhir kalinya melalui sambungan telepon. Fais kala itu membangunkan istrinya untuk salat subuh. 

"Bu bangun. Salat subuh meki karena mau ma naik sebentar ke lokasi, sudah ada mobil didapat," kata Luqman (43) mertua almarhum Fais menirukan gaya berbicara anaknya, Jumat (7/12/2018).

Selama 15 hari berikutnya, Luqman beserta anak dan cucunya tak pernah lagi mendengarkan suara Fais. Ia tak mengetahui telepon di subuh hari itu merupakan terakhir kalinya ia mendengarkan suara Fais. 

Di sepanjang hari sebelum Fais diketahui menjadi korban penembakan yang dilakukan Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB), hanya doa-doa yang bisa dikirimkan keluarganya. Tiga minggu itu seperti hari-hari bisu. Sembari menanti impian dari hasil kerja keras Fais nantinya, membangun rumah sendiri untuk anak dan istrinya. 

Namun, hal itu berubah, ketika Luqman beserta istri Fais mendapat kabar di media elektronik bahwa ada peristiwa penembakan di wilayah kerja karyawan PT Istaka termasuk Fais oleh KKSB di awal Desember. 

"Saat itu kami belum yakin. Kami juga  tidak ingin bilang dulu ke orang-orang kalau Fais korbannya. Nanti saya dapat kabar tanggal 5, kalau almarhum benar jadi korban dan meninggal dunia,"ujar Luqman. 

Jenazah Muhammad Fais tiba di rumah duka di Jalan Selayar, Kelurahan Laikang, Kecamatan Biringkanaya Makassar pada Jumat (7/12/2018) malam. Fais meninggalkan dua orang anak dan seorang istri. Rencananya, Fais dikebumikan di pekuburan umum sekitar rumahnya pada Sabtu (8/12/2018).