Kamis, 06 Desember 2018 14:59 WITA

BPTD Sulsel Imbau Pemprov Sulsel Contoh Penerapan Subsidi BRT di Jakarta

Penulis: Nur Izzati
Editor: Andi Chaerul Fadli
BPTD Sulsel Imbau Pemprov Sulsel Contoh Penerapan Subsidi BRT di Jakarta

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kepala Balai Pengelolaan Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XIX Provinsi Sulselbar, Benny Nurdin Yusuf mengungkapkan, pelayanan angkutan umum di Sulsel belum maksimal.

"Tidak sedikit fasilitas pelayanan angkutan umum yang beroperasi, tanpa mengutamakan standar prosedur kelayakan transportasi massal," katanya, saat ditemui dalam persemian BRT, di Hotel Gammara, Kamis (6/12/2018).

Ia mengharapkan, Bus Rapid Transit (BRT) yang diserahkan ke Pemerintah Provinsi Sulsel dan pemerintah kabupaten/kota, bisa menjadi stimulan bagi pemerintah setempat untuk lebih memperhatikan pelayanan angkutan umum.

Ia juga mengimbau kepada Pemprov Sulsel agar membuat skema layanan angkutan transportasi yang lebih baik lagi. Baik itu dari subsidi, ataupun diberikan pada operator yang profesial untuk melakukan penanganan transportasi. Misalnya BUMN, BUMD, atau mungkin saja operator swasta yang ingin terlibat dalam pelayanan BRT.

"Contohnya seperti di Jakarta. Ada skema subsidi yang dikeluarkan oleh pemerintah DKI. Hal itu juga diharapkan diterapkan di Sulsel," ungkapnya.

Menurut dia, penanganan pelayanan tranportasi angkutan perkotaan memang tidak mudah, untuk itu kata dia, stakeholder terkait harus duduk bersama membahas seperti apa rencana induk pelayanan transportasi perkotaan.

"Skemanya mungkin bisa dibagi. Dari pusat bantu bus, selanjutnya, pemprov buat layanan operasialnya seperti apa," tutupnya.

Loading...