Rabu, 05 Desember 2018 20:27 WITA

Dekati Jenazah Sertu Handoko, Tangan Bharatu Wahyu Ditembus Peluru

Editor: Mays
Dekati Jenazah Sertu Handoko, Tangan Bharatu Wahyu Ditembus Peluru
KKSB berpose dengan bendera Bintang Kejora.

RAKYATKU.COM, JAYAPURA - Rabu, 5 Desember 2018. Pasukan gabungan TNI dan Polri, perlahan-lahan merangsek maju dan memukul mundur Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) di Yigi, Distrik Yall, Kabupaten Nduga, Provinsi Papua.

Bharatu Wahyu, melihat jenazah berseragam loreng di depannya. Dia adalah anggota Yonif 755/Yalet asal Merauke, Sertu Handoko.

Anggota Brimob Kelapa Dua Jakarta itu kemudian beringsut hendak menggapai jenazah rekannya tersebut, ketika sebuah peluru menembus tangannya.

"Kondisi korban stabil dan saat ini dirawat di RSUD Wamena, setelah dievakuasi menggunakan helikopter," kata Kabid Humas Polda Papia Kombes Pol Ahmad Kamal, seperti dilansir dari Antara di Jayapura.

Lewat ponsel, Kamal menjelaskan, evakuasi jenazah karyawan PT Istaka Karya, belum dapat dilakukan karena berbagai faktor penyebab.

Menurutnya, evakuasi akan dilanjutkan Kamis (6/12/2018) besok, setelah aparat keamanan berhasil menguasai kawasan yang dikuasai KKSB itu.

loading...

Ada 25 karyawan PT Istaka yang mengerjakan pembangunan jembatan di Distrik Yall yang tersebar di kali Yigi dan kali Aurak. Dari jumlah itu, 19 orang dilaporkan tewas tertembak.

Empat lainnya berhasil melarikan diri ke Mbua, dan saat ini dirawat di RSUD Wamena serta dua lainnya belum diketahui nasibnya.

Sebelumnya, Sabtu, 1 Desember, KKSB telah merayakan hari kemerdekaan dengan upacara bakar batu. PT Istaka Karya meliburkan karyawannya.

Namun, KKSB mendatangi kamp tempat pekerja dan mengikat mereka lalu menggiring ke luar.

Minggu, 2 Desember 2018, KKSB kemudian meminta mereka jalan jongkok. Saat itulah KKSB menyiram mereka dengan senjata. Ada 11 orang yang pura-pura mati, namun saat hendak kabur lima orang ditangkap dan digorok lehernya.

Loading...
Loading...