Rabu, 05 Desember 2018 15:11 WITA

Bos Abu Tours Beli Rumah Seharga Miliaran, Cuma Bayar Rp900 Juta

Penulis: Himawan - Arfa Ramlan
Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Bos Abu Tours Beli Rumah Seharga Miliaran, Cuma Bayar Rp900 Juta
M. Ichwan Setiawan. (Foto/Arfa)

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Jaksa penuntut umum kembali menghadirkan saksi fakta untuk mengungkap dugaan aliran dana jemaah Abu Tours yang dilakukan oleh terdakwa Hamzah Mamba. 

Kali ini saksi menghadirkan M. Ichwan Setiawan yang menjual rumah orang tuanya di Jalan Rajawali kota Makassar kepada bos Abu Tours Muhammad Hamzah Mamba. Di bulan April tahun 2017 ia menjual rumah orang tuanya seharga Rp1,5 miliar. 

"Orang tua saya memberikan kuasa kepada saya untuk menual rumah karena pada waktu itu orang tua saya lagi sakit," kata Ichwan di hadapan majelis hakim, Rabu (5/12/2018).

Ichwan menambahkan, Hamzah Mamba melakukan pembayaran sejak bulan April hingga Desember tahun 2017. Pembayaran rutin tersebut terhenti ketika memasuki bulan Januari 2018. Hingga pada akhirnya, Ichwan hanya menerima uang sebesar Rp900 juta. "Jadi saya hanya disuruh bersabar," ujar Ichwan. 

Proses jual beli ini kata Ichwan, berdasarkan kesepakatan bersama. Ada surat kesepakatan yang dibuat serta surat-surat tanah dan bangunan itu baru diberikan kepada Hamzah Mamba ketika dia melunasi uang pembelian rumah itu. 

loading...

Bos Abu Tours Beli Rumah Seharga Miliaran, Cuma Bayar Rp900 Juta

Namun, kini Ichwan tak lagi menempati rumah itu karena rumah tersebut sudah disita penyidik Polda Sulsel. Sewaktu menjual rumah orang tuanya, ia hanya mengetahui bahwa Hamzah Mamba merupakan bos biro perjalanan umrah yang saat itu tidak bermasalah. 

"Uang itu saya berikan orang tua untuk biaya rumah sakit karena dia sampai sekarang lagi sakit," pungkas Ichwan.

Loading...
Loading...