Rabu, 05 Desember 2018 14:12 WITA

Bobol ATM BRI, Dua WNA asal Bulgaria Dideportasi Imigrasi Makassar

Penulis: Himawan
Editor: Nur Hidayat Said
Bobol ATM BRI, Dua WNA asal Bulgaria Dideportasi Imigrasi Makassar
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Dua warga negara asing (WNA) asal Bulgaria, Ivo Todorov dan Stoyo Ganchev, yang menjadi pelaku kasus pencurian dan pembobolan mesin ATM Bank BRI dipulangkan kembali ke negara asalnya oleh Kantor Imigrasi Kelas I Makassar.

Dua pelaku pembobolan ini dipulangkan usai menjalani vonis enam bulan yang diberikan hakim Pengadilan Negeri Makassar di Lapas Klas IA Makassar.

"Rencana hari ini akan kami pulangkan atau deportasi melalui Bandara Sultan Hasanuddin dan diteruskan ke Kuala Lumpur. Baru di Kuala Lumpur terus ke negaranya," kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Makassar, Andi Pallawarukka, Rabu (5/12/2018).

Pallawarukka mengatakan dua warga negara asal Bulgaria ini memang sengaja datang ke Indonesia untuk melakukan skimming di mesin-mesin ATM bank yang ada. Kedua pelaku mengaku pengamanan skimming di Indonesia masih kurang.

"Kalau yang Ivo sudah lima kali melakukan pembobolan ATM. Kalau temannya baru satu kali," imbuhnya. 

Lebih lanjut, Pallawarukka mengungkapkan, kedua pelaku saat masuk ke Indonesia menggunakan bebas visa kunjungan singkat selama 30 hari pada tanggal 19 Juni 2018.

Sebelumnya dua warga negara asal Bulgaria divonis bersalah atas kasus pencurian dan pembobolan mesin ATM Bank BRI Unit Maricaya, di Jalan Veteran Selatan.