Minggu, 02 Desember 2018 18:36 WITA

Sebelum Bertemu MBS, Erdogan Bilang Begini Soal Khashoggi ke Jusuf Kalla

Editor: Nur Hidayat Said
Sebelum Bertemu MBS, Erdogan Bilang Begini Soal Khashoggi ke Jusuf Kalla
Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla (JK).

RAKYATKU.COM, BUENOS AIRES - Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) sempat bertemu dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan sesaat sebelum bertemu Putra Mahkota Arab Saudi Muhammad bin Salman (MBS). Pertemuan keduanya sempat membahas kasus pembunuhan wartawan Jamal Khashoggi.

"Erdogan pagi-pagi saya sudah ketemu. Pertemuan bilateral resmi kita batalkan saja karena sudah sambil minum kopi, sudah bicarakan banyak hal," kata JK di Wisma Nusantara KBRI, Buenos Aires, Argentina, Sabtu (1/12/2018) malam waktu setempat.

Pertemuan JK dengan Erdogan terjadi di sela KTT G20. JK memang awalnya dijadwalkan bertemu Erdogan sore hari setelah menemui MBS. Tetapi belakangan agenda JK
bertemu Erdogan dibatalkan karena mereka sudah berbincang pagi harinya.

"Dia (Erdogan) jelaskan ke saya, punya bukti apa soal Khashoggi. Dia bilang harus melihat waktu," ujar JK dikutip Detik.com.

Loading...

Usai bertemu Erdogan, JK menemui MBS, yang sudah dijadwalkan sebelumnya. Saat itupun MBS, menurut JK, menjelaskan tentang kasus Khashoggi kepadanya.

"Saya tidak bicara tentang Khasshogi karena siang sudah ada pembicaraan yang dimulai oleh PM Kanada Justin Trudeau. MBS ini kelihatannya menjelaskan soal posisi dia.
Posisinya yang bersalah akan diadili. Sebelas orang dinyatakan bersalah, bagaimana hukumannya, kita tunggu saja," tutur JK.

JK mengatakan posisi Indonesia tegas, yaitu agar kasus itu segera diungkap. "Karena kita bukan pihak seperti Turki, kita nggak punya bukti apa-apa. Turki punya bukti rekaman.
Kita kemukakan itu pelanggaran HAM jika terjadi. MBS menyatakan berjanji akan hukum 11 orang itu," kata JK.

Loading...
Loading...