Jumat, 30 November 2018 20:58 WITA

Uji Kelayakan Calon Komisioner KPU di Sulsel: 30 Menit, 1 Calon Diuji 2 Orang

Penulis: Rizal
Editor: Nur Hidayat Said
Uji Kelayakan Calon Komisioner KPU di Sulsel: 30 Menit, 1 Calon Diuji 2 Orang
Komisioner KPU Sulsel, Asram Jaya.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Nasib 70 calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) 7 daerah di Sulsel selangkah lagi akan diputuskan. Mereka akan mengikuti tahapan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) mulai besok, Sabtu-Minggu (1-2/12/2018). Tahapan ini akan dihelat di Hotel Fave Panakkukang, Jalan Pelita Raya, Makassar.

Komisioner KPU Sulsel, Asram Jaya, menjelaskan tahapan uji kelayakan dan kepatutan bagi 70 nama calon komisioner yang masuk 10 besar per kabupaten/kota ini akan ditangani oleh KPU Sulsel dengan melibatkan seluruh komisioner.

"Satu calon itu akan dihadapi (diuji) oleh dua orang komisioner KPU Sulsel. Waktunya 30 menit per orang," tuturnya saat ditemui di Kantor KPU Sulsel, Jalan AP Pettarani, Makassar, Jumat (30/11/2018).

Meski uji kelayakan dan kepatutan tersebut diambil alih oleh KPU Sulsel, materi maupun format penilaiannya tetap berasal dari KPU RI.

"Format penilaiannya dibuat oleh KPU RI. Mulai dari pengetahuan tentang kepemiluan, undang-undang Pemilu, integritas dan independensi," jelas mantan Ketua FIK Ornop Sulsel tersebut.

Loading...

Selain itu, menurut Asram, dalam uji kelayakan dan kepatutan ini juga akan dikonfirmasi jika ada tanggapan masyarakat yang masuk mengenai salah satu calon komisioner. Akan ada sesi klarifikasi yang disiapkan nantinya.

"Semua tanggapan masyarakat akan diklarifikasi disitu. Semua bobot nilai dari tahapan ini nantinya akan tetap kita kirim ke KPU RI untuk menentukan lima komisioner definitif di tiap daerah," pungkasnya.

Sekadar diketahui, 7 daerah yang sedang menggelar seleksi calon anggota KPU masing-masing Pinrang, Wajo, Sidrap, Luwu, Makassar, Parepare, dan Enrekang.

Loading...
Loading...