Jumat, 30 November 2018 19:26 WITA

"Nak, Kamu di Mana?" Kakek Penderita Alzheimer Ini Ditinggalkan Putrinya di Jalan

Editor: Mays

RAKYATKU.COM, KOBE - Kamis, 22 November 2018. Petang sudah menjelang. Waktu menunjukkan pukul 18.45 waktu setempat. Lelaki tua berusia 79 tahun itu, tampak kebingungan di halte Chugoku Expressway di Kobe, Jepang.

Seorang warga melihat pria itu beberapa kali hilir mudik, celingukan ke sana ke mari. "Nak, kamu di mana," ujarnya lemah.

Hawa dingin membuatnya agak terbatuk-batuk. Warga itu mendekat, menanyai lelaki tua itu. Namun, kakek itu tak ingat namanya, juga alamatnya. Tapi anehnya, dia ingat nama putrinya, Ritsuko Tanaka.

Polisi kemudian menemukan alamat wanita berusia 46 tahun itu. Letaknya, di ibukota Otsu, Shiga, 70 kilometer dari tempat pria tua itu ditinggalkan.

Polisi pun menangkap Ritsuko, karena diduga sengaja meninggalkan ayahnya, setelah dia dikutip mengatakan, "Saya pikir lebih baik jika dia memasuki fasilitas keperawatan setelah dimasukkan ke dalam perlindungan polisi, daripada berada di bawah perawatan saya," setelah mengakui tuduhannya pada Senin malam, 26 November.

Yah, sepertinya cerita rakyat Jepang kuno yang disebut Ubasute - di mana orang meninggalkan orang tua mereka di daerah terpencil - benar-benar terjadi dalam kenyataan.

loading...

Pada tahun 2011, ada kasus serupa lainnya yang melibatkan seorang pria berusia 63 tahun yang meninggalkan saudaranya yang cacat di pegunungan Prefektur Chiba, Tokyo, karena dia merasa tidak nyaman setelah rumah mereka hancur dalam gempa bumi Maret 2011, yang melanda wilayah Tohoku.

Saudari itu, sayangnya, diyakini telah tenggelam di Sungai Obitsu tak lama kemudian. Warganet yang membaca berita ini, memiliki reaksi beragam tentang hal itu. 

Di satu sisi, ada yang mengatakan bahwa dia seharusnya menunjukkan lebih banyak kasih sayang kepada ayahnya, sementara yang lain mengatakan bahwa meninggalkan orang tuanya masih lebih baik daripada jika dia membunuhnya. 

Komentar lain menyebutkan, dia secara teknis tidak menganggur karena merawat seseorang adalah pekerjaan penuh waktu.

Loading...
Loading...