Rabu, 28 November 2018 15:05 WITA

Genjot Pertumbuhan Ekonomi, Bupati Sinjai Kukuhkan TPAKD

Penulis: Rahmatullah
Editor: Andi Chaerul Fadli
Genjot Pertumbuhan Ekonomi, Bupati Sinjai Kukuhkan TPAKD

RAKYATKU.COM, SINJAI - Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa mengukuhkan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) di Ruang Pola Kantor Bupati Sinjai, Rabu (28/11/2018).

Pengukuhan dan Rapat Pleno Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) serta Temu Fasilitas Akses Keuangan UMKM Binaan Pemda Kabupaten Sinjai.

Sekretaris Daerah Kabupaten Sinjai, Akbar menyampaikan jika pembentukan TPAKD didasari adanya kebutuhan untuk meningkatkan percepatan akses keuangan yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah.

"TPAKD adalah forum koordinasi antar instansi dan stakeholders terkait yang bekerja untuk masyarakat dan pelaku usaha di Kabupaten Sinjai menuju masyarakat sejahtera," kata Akbar M.

Andi Seto Asapa menyampaikan, Tim Pencepatan Akses Keuangan Daerah yang telah terbentuk adalah pertumbuhan ekonomi kesejahteraan masyarakat Sinjai.

Dengan telah terbentuknya TPAKD baik di tingkat pusat, provinsi sampai di tingkat kabupaten dan kota, diharap terjadi sinergitas dan harmonisasi antar program dan kegiatan antar daerah. 

"Sejalan dengan program TPAKD Provinsi Sulawesi Selatan yakni program perlindungan usaha bagi pelaku usaha tanaman pangan, peternakan dan perikanan melalui asuransi usaha tani, asuransi usaha ternak sapi dan asuransi nelayan kerjasama pemerintah dengan PT jasa asuransi Indonesia," jelasnya.

Untuk memperkuat program, kata Seto, mulai pada masa kepemimpinannya ini pemerintah daerah kabupaten Sinjai telah menandatangani MOU dengan pihak PT Jasindo Cabang makassar pada tanggal 20 Oktober 2018.

MOU tersebut adalah kesepakatan untuk memfasilitasi peternak dengan mengasuransikan sebanyak 10.000 ekor sapi milik peternak yang tersebar di Kabupaten Sinjai dengan biaya premi asuransi sepenuhnya di tanggung oleh pemerintah daerah melalui APBN pokok Tahun anggaran 2019.

Loading...