Kamis, 29 November 2018 02:30 WITA

Kampanye Setop Nikah Dini, Koalisi: Pelaminan Bukan Tempat Bermain Anak

Penulis: Nur Izzati
Editor: Abu Asyraf
Kampanye Setop Nikah Dini, Koalisi: Pelaminan Bukan Tempat Bermain Anak

RAKYATKU.COM,MAKASSAR - Berbagai lembaga kemasyarakatan di Sulsel yang tergabung dalam Koalisi Stop Perkawinan Anak Sulsel mengampanyekan "Setop Perkawinan Anak".

Mereka menggunakan jargon, "Pelaminan Bukan Tempat Bermain Anak". Kampanye itu dilakukan dengan bekerja sama Pemprov Sulsel memanfaatkan momen Hari Anti Kekerasan terhadap Perempuan (HAKTP).

Kampanye yang juga dilakukan kabupaten/kota antara lain Makassar, Maros, Parepare, dan Tana Toraja itu dimulai sejak 23 November 2018 hingga 10 Desember 2018 di aula rumah jabatan gubernur Sulsel.

Kepala Bidang Data dan Informasi Gender dan Anak DPPPA Sulsel, Suciati mengungkapkan, kampanye yang dilakukan selama 16 hari itu, akan diisi dengan berbagai kegiatan. 

Salah satunya melakukan gerakan bersama akhiri tindak pidana perdagangan orang, dimana perkawinan anak salah satu lokusnya di Kota Makassar. 

"Deklarasi ini dilakukan oleh berbagai lembaga dan pemerintah untuk bersama berkomitmen melakukan peran yang sinergi untuk pencegahan perkawinan anak dan akhiri perdagangan perempuan dan anak," terangnya.

Loading...

Ia menyebutkan, kegiatan tersebut diikuti kurang lebih 500 perempuan dari berbagai organisasi perempuan, pemerintah, dan perempuan akar rumput untuk bersama mendeklarasikan pencegahan perkawinan anak melalui trafficking. 

"Selain kampanye melalui media sosial, juga dilakukan kampanye melalui media mainstream dalam bentuk talkshow, penerbitan berita kegiatan, dan penyiaran spot iklan yang berisi pesan mengenai imbauan pencegahan perkawinan anak, mengapa pencegahan perkawinan anak penting dilakukan, dan dampak dari perkawinan anak," paparnya.

Dalam hal ini, anggota koalisi akan mengajak semua pihak, melakukan kampanye melalui media sosial dengan menggunakan frame Cegah Perkawinan Anak dan Hastag: #Kampanye16HAKTP, #GerakBersama, #CegahPerkawinanAnak, #PelaminanBukanTempatBermainAnak, #BeriKamiIjazahBukanBukuNikah.


 

Loading...
Loading...