Sabtu, 24 November 2018 20:00 WITA

Pemkab Sinjai Mau Utang Rp200 Miliar, Ternyata untuk Ini

Penulis: Rahmatullah
Editor: Andi Chaerul Fadli
Pemkab Sinjai Mau Utang Rp200 Miliar, Ternyata untuk Ini

RAKYATKU.COM, BULUKUMBA - Legislator DPRD Sinjai menyetujui keinginan Pemerintah Kabupaten Sinjai untuk melakukan pinjaman sebesar Rp200 miliar ke pemerintah pusat melalui APBN. Pinjaman itu demi percepatan proses pembangunan jalan dan jembatan.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Inspektur Inspektorat Daerah Sinjai, Irwan Suaib mengatakan, hal tersebut sesuai Visi dan Misi Bupati Sinjai dalam pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan di semua pelosok pada tahun 2019.

"Alhamdulillah, DPRD telah menyetujui usul pemerintah daerah, dan mudah-mudahan rencana ini bisa berjalan dengan baik sehingga dengan bagusnya jalan dan jembatan sehingga distribusi pertanian di plosok bisa berjalan dengan baik," ujarnya.

Keterilibatan stakeholder dalam mengawal kebijakan ini sangat diharapkan agar bisa berjalan dengan baik sesuai dengan harapan. "Kita tidak mampu melakukan percepatan pencapaian visi misi tanpa di dukung oleh pendanaan," kata Irwan.

Loading...

Menurutnya, pemerintah daerah telah melakukan perhitungan yang matang dan mampu untuk membayarnya hingga empat tahun kedepan. Pemerintah pusat juga sudah melakukan perhitungan kemampuan fiskal Sinjai, sehingga menurutnya tak ada masalah.

Terkait pinjaman daerah sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 30 tahun 2011 tentang Pinjaman Daerah. Sebagaimana dalam pasal 15 ayat (3) dijelaskan bahwa Pinjaman jangka menegah dan jangka panjang wajib mendapatkan persetujuan DPRD. 

Irwan menjamin tidak ada pelanggaran atas peminjaman ini, dan pemkab juga telah mendapatkan restu dari DPRD kabupaten Sinjai.

Loading...
Loading...