Minggu, 25 November 2018 04:00 WITA

Pesawat Angin Ionik, Bisa Terbang Tanpa Mesin

Editor: Andi Chaerul Fadli
Pesawat Angin Ionik, Bisa Terbang Tanpa Mesin

RAKYATKU.COM - Sebuah pesawat listrik eksperimental tanpa bagian yang bergerak telah berhasil dirancang dan diterbangkan oleh para ilmuwan di Amerika Serikat.

Alih-alih baling-baling atau turbin, kerajinan lebar lima meter menggunakan listrik untuk menghasilkan sesuatu yang disebut "angin ionik" yang mengirimkannya 60 meter (200 kaki) melalui udara.

Dengan berat hanya di bawah 2,5kg (5.4lbs), konsep kayu balsa adalah langkah besar menuju masa depan di mana pesawat dapat beroperasi tanpa emisi pembakaran, dikutip dari Sky News, Minggu (25/11/2018).

Dikenal hanya sebagai Versi 2, pesawat itu didukung oleh proses yang disebut "propulsi electroaerodynamic" yang pertama kali diusulkan pada 1960-an.

Electroaerodyamic propulsion menggunakan voltase yang sangat tinggi - dalam hal pesawat 40.000 volt - untuk menghasilkan ion di udara sekitar dua elektroda.

loading...

Ion - atom yang memiliki muatan listrik - berjalan di udara antara dua elektroda ini, bertabrakan dengan molekul di udara ketika melakukan hal itu dan menghasilkan apa yang disebut angin ionik yang mendorong pesawat ke depan.

Dipimpin oleh Dr Steven Barrett, para peneliti dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) telah menerbitkan sebuah makalah di jurnal Nature tentang kerajinan eksperimental mereka.

Dr Barrett datang dengan prototipe setelah meneliti kembali penelitian tahun 1960-an pada tahun 2009, dan mengatakan kepada MIT Technology Review bahwa dia "terinspirasi oleh ide-ide fiksi ilmiah tentang pesawat dan pesawat ruang angkasa. Saya berpikir tentang apa yang dapat diizinkan oleh fisika."

Ini telah membawanya hanya di bawah satu dekade untuk membangun pesawat terbang, dan masih ada jalan panjang untuk pergi sebelum angin ion dapat memberikan dorongan yang cukup untuk mengangkat jet komersial daripada pesawat 2,5kg yang diterbangkan jauh dari angin dan hanya 12 detik.

Loading...
Loading...