Minggu, 25 November 2018 04:30 WITA

Fosil Dinosaurus Pemakan Tumbuhan 200 Juta Tahun Lalu Ditemukan

Editor: Andi Chaerul Fadli
Fosil Dinosaurus Pemakan Tumbuhan 200 Juta Tahun Lalu Ditemukan

RAKYATKU.COM - Para ilmuwan telah menemukan sisa-sisa herbivora raksasa yang hidup lebih dari 200 juta tahun yang lalu.

Dalam sebuah makalah yang diterbitkan oleh jurnal Science, para peneliti Polandia mengklaim penemuan mereka menjungkirbalikkan anggapan bahwa satu-satunya pemakan tanaman raksasa pada saat itu adalah dinosaurus.

Makhluk itu, seukuran gajah dan dikenal sebagai Lisowicia bojani, berasal dari cabang evolusi yang sama dengan mamalia, dikutip dari Science Journal, Minggu (25/11/2018).

Ini dinamai setelah desa di Polandia selatan di mana jenazahnya ditemukan.

Fosil-fosil serupa dari apa yang disebut dicynodonts telah ditemukan di tempat lain, tetapi mereka berasal dari periode sebelumnya - sebelum serangkaian bencana alam memusnahkan sebagian besar spesies di planet ini.

Loading...

Grzegorz Niedzwiedzki, seorang paleontolog di Uppsala University di Swedia yang ikut menulis makalah ini, mengatakan: "Kami dulu berpikir bahwa setelah kepunahan Permian berakhir, mamalia dan keluarga mereka mundur ke bayang-bayang sementara dinosaurus bangkit dan tumbuh menjadi ukuran besar. "

Para peneliti mengatakan penemuan dicynodonts raksasa yang hidup pada waktu yang sama dengan sauropoda - cabang dari keluarga dinosaurus yang kemudian menghasilkan ikon diplomasi berleher panjang - menunjukkan faktor lingkungan pada periode Trias akhir mungkin telah mendorong evolusi gigantisme.

Christian Kammerer, seorang spesialis yang dicynodont di North Carolina Museum of Natural Sciences, mengatakan ukuran Lisowicia "mengejutkan".

Dia menambahkan: "Dikynodonts besar telah diketahui sebelumnya baik di Permian dan Trias, tetapi tidak pernah pada skala ini."

Loading...
Loading...