Kamis, 22 November 2018 17:13 WITA

Verza, Gadis yang Tertimpa Reruntuhan Gempa Palu Dirujuk ke Makassar

Penulis: M. Qadri
Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Verza, Gadis yang Tertimpa Reruntuhan Gempa Palu Dirujuk ke Makassar
Verza terbaring lemas di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Undata.

RAKYATKU.COM, PALU -  Verza (17), gadis cantik yang merupakan satu dari sekian banyak korban gempa yang terjadi di Palu, Sulawesi Tengah, pada 28 September 2018 lalu, bakal dirujuk ke Makassar. 

Setelah hampir dua bulan menahan perihnya sakit, siswa kelas 2 Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Palu ini, akhirnya mendapatkan kesempatan untuk menjalani perawatan medis di Makassar. Penyababnya, tulang belakangnya patah karena tertimpa reruntuhan bangunan setelah gempa yang berkekuatan 7,4 SR.

Saat ini, Verza dirawat inap di ruang Teratai, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Undata. Sebelum itu, Verza pernah dirawat di RS darurat di posko pengungsian Balaroa, RS Wirabuana, RS Bhayangkara, RS Balai Kesalamatan dan RSUD Budi Agung.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah Dr. Reny Ardiawati Lamadijdo mengatakan, pasien Verza harus ditangani oleh dokter sub spesialis, sehingga harus dirawat di Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo.

“Besok, Jumat 23 November pasien Verza bersama satu orang pendamping dari pihak keluarga akan diberangkatkan ke Makassar,” kata Reny, Kamis (22/11/2018).

loading...

Sementara itu, Wakil Direktur (Wadir) Pelayanan RSUD Undata, Dr. Asmar Praja menjelaskan perihal proses penanganan Verza, masih menunggu hasil pemeriksaan kultur bakteri pada tulang pinggang bagian belakang pascaoperasi di Rumah Sakit Budi Agung Palu pada 14 Oktober 2018 lalu.

"Selama perawatan di RSUD Undata, pasien ditangani oleh dokter ahli bedah ortopedi. Kemudian diputuskan untuk melakukan tindakan kultur untuk melihat bakteri-bakteri yang ada pada daerah yang mengalami pembekakkan itu, serta uji sensitifitas untuk mengetahui antibiotik mana yang cocok buat pasien,” beber Asmar

Dari data pemerintah Sulteng, ada ratusan pasien yang dirujuk ke wilayah Sulawesi Selatan untuk menjalani perawatan medis. Masing-masing terbagi di beberapa rumah sakit diantaranya, RSUD Sayang Rakyat, RS. Dody Sarjoko Maros, RSUD Daya Makassar dan RS Wahidin Sudirohusodo.

Loading...
Loading...