Kamis, 22 November 2018 08:29 WITA

Surat Izin Lelang Sekda Sulsel Telat Sampai, Sumarsono Siapkan Sanksi

Penulis: Fathul Khair
Editor: Nur Hidayat Said
Surat Izin Lelang Sekda Sulsel Telat Sampai, Sumarsono Siapkan Sanksi
Dirjen Otoda Kemendagri, Soni Sumarsono

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Dirjen Otoda Kemendagri, Soni Sumarsono, tengah mencari tahu penyebab telatnya surat izin lelang Sekda Sulsel diterima Gubernur Nurdin Abdullah. Padahal, surat izin dari Kemendagri itu, sudah diteken dan diterbitkan sejak 8 Oktober 2018 lalu.

Sepengetahuan Soni, surat izin tersebut sudah dikirim empat hari pasca surat itu diterbitkan. Soni pun mengaku heran, mengetahui pengakuan Nurdin Abdullah, soal rencana lelang Sekda masih menunggu izin Kemendagri.

"Surat ini yang menurut laporan dan catatan staf, sudah dikirimkan 12 Oktober. Sepertinya tidak sampai, entah kenapa. Sedang kami selidiki di mana masalahnya," kata Soni kepada Rakyatku.com, Kamis (22/11/2018).

Bila hasil cari tahu itu, Soni menemukan ada keteledoran stafnya, mantan Penjabat Gubernur Sulsel ini tidak segan-segan memberikan sanksi.

"Ini urusan internal. Bila sampai ada staf saya yang teledor, saya akan beri sanksi," tegasnya.

Loading...

Persoalan ini, tidak dianggap main-main oleh Soni. Sebab menurutnya, surat izin tersebut semestinya sudah sampai ke Pemprov Sulsel sejak beberapa hari lalu.

"Kemendagri membuat surat persetujuan tertanggal 8 Oktober, asumsi sudah terkirim. Sedang Pemprov, sudah mengajukan permohonan izin tertulus sejak September atau dua bulan lalu," ujarnya.

Makanya, kuat dugaan Soni, ada masalah koordinasi teknis antara pengirim dan penerimaan surat izin tersebut. Yang mengirim dan yg menerima, kurang koordinasi menurutnya.

"(Pemprov Sulsel) tidak juga menanyakan kenapa belum terbit izinnya. Padahal standar layanan maksimum 14 hari. Dengan demikian, mispersepsi terjadi karena kurang komunilasi di level staf. Saat ini, sudah selesai, dan saya kira perlu disegerakan, karena surat i,in tersebut sudah disampaikan dan diterima 19 pada November," pungkasnya.

Loading...
Loading...