Rabu, 21 November 2018 21:45 WITA

SK Gubernur Telat, F-PAN dan F-NasDem: Honorer Juga Butuh Makan

Penulis: Rizal
Editor: Abu Asyraf
SK Gubernur Telat, F-PAN dan F-NasDem: Honorer Juga Butuh Makan
Muslim Salam

RAKYATKU.COM,MAKASSAR - Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) DPRD Sulsel menyampaikan pandangan umumnya terkait nota keuangan RAPBD Sulsel 2019 dalam rapat paripurna di kantor DPRD Sulsel, Rabu (21/11/2018).

Fraksi partai berlambang matahari terbit tersebut memberikan catatan khusus terhadap keberadaan guru honorer. Kesejahteraan dan status keberadaan tenaga honorer menjadi prioritas Fraksi PAN.

"Kita ketahui bahwa salah satu tulang punggung proses pelaksanaan belajar mengajar di SMK dan SMA yang merupakan kewenangan Pemprov adalah guru tenaga honorer. Mereka tersebar sampai ke pelosok daerah terpencil di Sulsel. Kehadiran mereka sangat membantu terselenggaranya layanan pendidikan di sekolah. Olehnya itu, kami meminta agar gaji tenaga honorer guru ini tetap diperhatikan," tutur juru bicara Fraksi PAN, Muhammad Irfan AB.

Senada dengan Fraksi PAN, Fraksi Partai NasDem juga menyuarakan hal yang sama. Melalui Ketua Fraksi NasDem, Muslim Salam, fraksi partai besutan Surya Paloh ini fokus mengkritik gaji tenaga honorer guru yang kadang terlambat.

"Guru honorer di bawah lingkup Dinas Pendidikan Provinsi Sulsel, yakni SMU, SMK, dan SLB. Seringkali mereka terlambat mendapatkan hal keuangannya yang disebabkan karena keterlambatan penertiban surat keputusan gubernur," kata Muslim.

Muslim berkaca pada tahun 2018 ketika SK gubernur tentang guru honorer yang baru terbit pada pertengahan tahun. Sementara, menurutnya, para guru honorer juga punya kebutuhan ekonomi yang mesti terpenuhi.

"Tahun 2018 ini SK gubernur tentang guru honorer baru terbit pada pertengahan tahun. Sementara mereka harusnya sudah menerima gaji honor dan dana sertifikasi untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka. Ini mohon dijelaskan dan ditanggapi," tutupnya.


 

Loading...