Minggu, 18 November 2018 21:27 WITA

KPU Klaim Pengamanan Kotak Suara Pakai Kabel Ties Tetap Aman, Ini Alasannya

Penulis: Rizal
Editor: Nur Hidayat Said
KPU Klaim Pengamanan Kotak Suara Pakai Kabel Ties Tetap Aman, Ini Alasannya
Komisioner Divisi Logistik KPU Sulsel, Syarifuddin Jurdi.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pengamanan kotak suara untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 tak lagi menggunakan gembok. Kali ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) memutuskan akan menggunakan kabel ties sebagai item untuk mengamankan kotak suara.

Komisioner Divisi Logistik KPU Sulsel, Syarifuddin Jurdi, mengatakan keputusan penggunaan kabel ties tersebut diambil karena tidak ada lagi pengadaan sampul anak kunci.

"Provinsi sudah menetapkan tidak ada (pengadaan) sampul anak kunci. Kalau tidak ada sampul anak kunci, berarti tidak ada pakai gembok. Kalau ada yang pakai gembok, berarti tidak ada tempat kuncinya, karena tidak ada pengadaan. Kabel ties lebih praktis," ungkapnya, Minggu (18/11/2018).

Syarifuddin yang juga akademisi UIN Alauddin Makassar ini mengakui jika memang kabel ties ini rawan dirusak oleh oknum yang tak bertanggung jawab. Namun, menurutnya, kalaupun ada yang merusak, maka tak mudah untuk menggantinya dengan kabel ties yang lain.

Loading...

"Memang bisa diputus menggunakan benda tajam saat sedang digunakan. Namun, akan sangat mudah mengetahui, jika ada kotak suara yang kabel tiesnya dirusak, kemudian diganti. Kan kabel tiesnya ada logo KPU-nya dan ada stiker. Jadi begitu dikunci dengan kabel ties langsung dipasang stiker. Tidak bisa itu main dibuka-buka saja," tutupnya.

Sekadar diketahui, terobosan penggunaan kabel ties ini melengkapi perubahan regulasi lainnya. Sebelumnya, KPU juga memutuskan penggunaan kotak dan bilik suara berbahan dasar kardus. Kardus ini akan menggantikan bahan baku aluminium yang selama ini digunakan.

Loading...
Loading...