Minggu, 18 November 2018 18:40 WITA

CITIZEN REPORT

Membuang Waktu di Jalan AP Pettarani

Editor: Aswad Syam
Membuang Waktu di Jalan AP Pettarani
Kemacetan di Jalan AP Pettarani.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Sabtu, 17 November 2018. Jarum jam menunjukkan pukul 17.30 Wita. Di jalan AP Pettarani, klakson mobil bersahut-sahutan.

Banyak pengendara yang resah petang itu. Kemacetan yang sangat panjang. Kendaraan mengular. Itu dampak dari penyempitan ruas jalan, akibat pembangunan jalan tol layang. 

Fenomena bottle necking (leher botol), membuat kendaraan menumpuk di jalur sempit. Tak ada yang mau mengalah. Akibatnya, kemacetan tak terhindarkan.

Salah seorang pengendara mobil, Beni, mulai sedikit kesal. Pasalnya, dia buru-buru hendak ke RS Wahidin Sudirohusodo, untuk mengantar ibunya yang sedang sakit.

Dia tidak tahu lagi mau lewat di mana. Semua titik jalan yang dipersempit dan terus dipersempit, sedangkan untuk putar arah balik, dibuat bukaan jalur lain. Tetapi hanya khusus ke toko-toko tertentu saja di lokasi proyek.

Beni mengatakan, jika setiap hari Jalan Pettarani macet seperti ini, akan banyak masyarakat yang dirugikan. Pasalnya, waktu mereka terbuang di jalan, hingga semua aktivitas terganggu.

Tidak hanya itu, imbas kemacetan juga sering terjadi di Jalan protokol Urip Sumaharjo-Perintis Kemerdekaan, bukan hanya jam sibuk tetapi jam seperti biasa pun, sering menimbulkan kemacetan.

"Kalau begini terus, pengendara dirugikan. Bahan bakarnya habis di jalan. Belum lagi waktu berjam-jam saat pergi dan pulang kerja," kata Lilis, seorang pegawai swasta.

Penulis: Andi Fadhiilah Putra (Mahasiswa Jurusan Ilmu komunikasi Unismuh Makassar)