Minggu, 18 November 2018 18:48 WITA

Tak Lagi Gunakan Gembok, Kotak dan Bilik Suara Pemilu 2019 Diamankan Pakai Kabel Ties

Penulis: Rizal
Editor: Nur Hidayat Said
Tak Lagi Gunakan Gembok, Kotak dan Bilik Suara Pemilu 2019 Diamankan Pakai Kabel Ties
Komisioner Divisi Logistik KPU Sulsel, Syarifuddin Jurdi.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Logistik untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 banyak yang berubah. Sejumlah regulasi baru diterapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Jika sebelumnya diputuskan kotak dan bilik suara bukan lagi berbahan dasar aluminium namun memakai bahan baku kardus, maka kali ini soal pengamanannya. Kotak dan bilik suara akan diamankan memakai kabel ties, bukan gembok seperti yang digunakan dalam pengamanan kotak dan bilik suara di ajang Pemilu sebelumnya.

Hal tersebut diungkapkan oleh Komisioner Divisi Logistik KPU Sulsel, Syarifuddin Jurdi. Menurutnya, item tersebut telah disepakati dalam rapat koordinasi dengan KPU 24 kabupaten/kota se Sulsel belum lama ini.

"Kita sepakat, kita pakai kabel ties semua. Sudah dikoordinasikan dengan KPU 24 kabupaten/kota," ungkapnya, Minggu (18/11/2018).

Sekadar diketahui, kabel ties adalah kabel yang sering digunakan untuk merapikan kabel-kabel listrik. Namun, tak sedikit yang menggunakannya untuk keperluan lain. Umumnya, kabel ini terbuat dari bahan nylon. Dengan sistem gerigi pengunci, membuat kabel ties hanya bisa sekali pakai. 

Lebih lanjut, Syarifuddin mengungkapkan alasan penggunaan kabel ties tersebut karena tidak ada lagi sampul anak kunci. 

"Provinsi sudah menetapkan tidak ada sampul anak kunci. Kalau tidak ada sampul anak kunci, berarti tidak ada pakai gembok. Kalau ada yang pakai gembok, berarti tidak ada tempat kuncinya, karena tidak ada pengadaan. Kabel ties lebih praktis," jelas Akademisi UIN Alauddin Makassar tersebut.

Karena hanya sekali pakai, menurut Syarifuddin, satu kotak suara akan dibekali dengan beberapa kabel ties. Sesuai dengan kebutuhan, saat kotak suara itu dibongkar untuk kebutuhan rekapitulasi suara. 

"Nantinya, kabel ties itu akan dikaitkan pada lubang pengunci yang disiapkan pada kotak suara yang terbuat dari kardus," tutupnya.