Minggu, 18 November 2018 17:34 WITA

Topan Gaja Dengan Angin Kencang 120 Km/Jam Menewaskan 33 Orang

Editor: Suriawati
Topan Gaja Dengan Angin Kencang 120 Km/Jam Menewaskan 33 Orang
Dampak Topan Gaja di Tamil Nadu, India 16 November 2018 (Reuters)

RAKYATKU.COM - Sedikitnya 33 orang tewas akibat Topan Gaja yang menghantam pantai timur India. Topan dahsyat ini membawa angin kencang yang berhembus hingga 120km/jam. Itu menyebabkan ribuan pohon tumbang dan sejumlah rumah hancur.

Ratusan ribu orang terpaksa mengungsi ke tempat perlindungan.

"Sejauh ini 20 pria, 11 wanita, dan dua anak telah meninggal karena topan," kata seorang pejabat manajemen bencana negara.

"Saat ini, 177.500 orang tinggal di lebih dari 351 kamp. Ribuan pohon tumbang dan ternak juga terkena dampak yang parah," katanya kepada AFP.

Ketua Menteri Edappadi Palaniswami, yang telah mengumumkan kompensasi $14.000 kepada masing-masing keluarga korban, mengatakan bahwa sebagian besar kematian disebabkan oleh banjir, rumah runtuh dan listrik.

Ratusan pekerja darurat telah dikerahkan untuk memulihkan jalan dan kabel listrik.

Satu helikopter Angkatan Laut dan dua kapal juga telah bergabung dengan upaya bantuan.

Departemen cuaca India mengatakan badai itu telah bergerak ke barat ke negara tetangga Kerala sebelum melanjutkan perjalanan ke Laut Arab.

Topan Gaja adalah badai besar kedua yang menghantam pantai timur India dalam beberapa pekan terakhir. Pada bulan Oktiber, Topan Titli menghantam negara Odisha, menewaskan sedikitnya dua orang.

Badai secara teratur melanda India selatan antara April dan Desember. Tahun lalu, Topan Ockhi menyebabkan hampir 250 orang tewas di Tamil Nadu dan negara bagian Kerala.