Jumat, 16 November 2018 22:51 WITA

Desember, Calon Komisioner KPU 7 Daerah di Sulsel Ikuti Uji Kelayakan

Penulis: Rizal
Editor: Nur Hidayat Said
Desember, Calon Komisioner KPU 7 Daerah di Sulsel Ikuti Uji Kelayakan

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Tahapan seleksi calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) 7 daerah di Sulsel hampir rampung. Tersisa, tahapan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) yang belum dilaksanakan.

Tahapan pamungkas ini akan diikuti oleh 70 orang calon komisioner. Masing-masing satu kabupaten/kota tersisa 10 calon yang akan bertarung.

Meski 70 nama dari Tim Seleksi (Timsel) yang masuk 10 besar per kabupaten/kota ini dikirim ke KPU RI, tetapi uji kepatutan dan kelayakan akan ditangani oleh KPU Provinsi Sulawesi Selatan.

Hanya saja, hingga saat ini jadwal tes masih belum ditetapkan. Diperkirakan, tes baru dilaksanakan pertengahan Desember mendatang.

"Sebelum penetapan 5 besar, maka 10 besar (tiap kabupaten/kota) dikembalikan dulu ke Provinsi, untuk dilakukan fit dan proper test oleh komisioner KPU Sulsel. Jadwal menunggu KPU RI, biasanya 1 Minggu sebelum akhir masa jabatan. Antara tanggal 16 atau 17 Desember," tutur kepala bagian SDM KPU Sulsel, Ismail Masse, Jumat (16/11/2018).

Loading...

Meski uji kelayakan dan kepatutan sepenuhnya dilaksanakan oleh KPU Sulsel, namun menurut Ismail, pimpinan di pusat tetap akan memantau. Mengingat, materi juga ditentukan oleh KPU RI. Begitu pun hasil tesnya, baik nilai yang tertulis maupun visual dari video proses uji kelayakan dan kepatutan akan jadi pertimbangan KPU RI.

"Setelah fit and proper test, skornya juga kembali dikirim ke Jakarta," tambahnya.

Menurut Ismail, materi uji kelayakan dan kepatutan para calon komisioner tersebut tak lepas dari kompetensi, pengalaman dan pengetahuan kepemiluan, serta organisasi. "Termasuk, mengkonfrontir tanggapan masyarakat yang baru masuk ke KPU RI," tutupnya.

Sekadar diketahui, 7 daerah yang sedang menggelar seleksi calon anggota KPU masing-masing Pinrang, Wajo, Sidrap, Luwu, Makassar, Parepare dan Enrekang. Nantinya, setiap daerah akan diisi oleh lima komisioner definitif pilihan KPU RI berdasarkan uji kelayakan dan kepatutan tersebut.
 

Loading...
Loading...