Jumat, 16 November 2018 20:03 WITA

Potongan Tubuh Khashoggi Dioper ke Pembantu di Luar Konsulat

Editor: Mays
Potongan Tubuh Khashoggi Dioper ke Pembantu di Luar Konsulat
Ilustrasi pembunuhan Jamal Khashoggi. (Sumber: APA/arsip AFP)

RAKYATKU.COM, ISTANBUL - Turki tampaknya menyimpan banyak bukti dalam kasus pembunuhan wartawan 59 tahun, Jamal Khashoggi.

Sebuah rekaman suara di konsulat Saudi di Istanbul menunjukkan, telah ada upaya untuk bernegosiasi dengan Khashoggi. Tetapi ia segera dicekik setelah memasuki konsulat. Itu dilansir surat kabar "Hurriyet" pada Jumat (16/11/2018).

Selain itu, pihak berwenang investigasi Turki, memiliki rekaman audio 15 menit kedua, yang menunjukkan bagaimana anggota skuat pembunuh Saudi sedang berdiskusi bagaimana membunuh kolumnis Washington Post itu setelah tiba di konsulat. 

Ada juga rekaman percakapan telepon anggota skuat pembunuh setelah pembunuhan. Pembicaraan telepon itu dilakukan dengan lawan bicara di luar negeri. Diduga dari Riyadh.

Kantor jaksa penuntut umum di Riyadh mengatakan pada hari Kamis, bahwa wakil kepala intelijen Ahmed al-Asiri, telah mengirim komando untuk membawa Khashoggi kembali ke Arab Saudi. 

loading...

Tetapi kepala tim negosiasi, membuat keputusan untuk membunuhnya di tempat. Kritikus pemerintah tercengang dan dipotong di konsulat. Bagian-bagian tubuh diberikan kepada seorang pembantu di luar konsulat.

Sementara itu, pemakaman simbolik Khashoggi, sedang berlangsung di Istanbul. Sekelompok teman dan rekan dari kolumnis Washington Post, ingin memperingati upacara peringatan di masjid Fatih pusat kritikus pemerintah, yang terbunuh pada 2 Oktober di Konsulat Arab Saudi di Bosporus. 

Pemakaman juga akan diadakan di London, Paris, Tunis dan Washington.

Loading...
Loading...