Jumat, 16 November 2018 19:59 WITA

Hari Jadi Ke-698 Gowa, Adnan Orasi Menuju Lebih Sejahtera

Penulis: Samsul Bahri
Editor: Nur Hidayat Said
Hari Jadi Ke-698 Gowa, Adnan Orasi Menuju Lebih Sejahtera
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, menyampaikan orasinya pada sidang paripurna istimewa di Ruang Rapat Paripurna DPRD Gowa, Kamis sore (16/11/2018).

RAKYATKU.COM, GOWA - Menyambut hari hadi Kabupaten Gowa ke-698, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, menyampaikan orasinya pada sidang paripurna istimewa di Ruang Rapat Paripurna DPRD Gowa, Kamis sore (16/11/2018).

Sidang paripurna yang dipimpin langsung Ketua DPRD Gowa, A Muh Ishak, mengangkat tema "Dengan Semangat Hari Jadi Gowa, Kita Dorong Akselerasi Pembangunan Menuju Gowa yang Lebih Sejahtera, Demokratis dan Bermartabat".

Tema ini mempertegas sekaligus memperteguh kembali komitmen pemerintah Kabupaten Gowa, yakni akselerasi pembangunan merupakan kunci dari tercapainya Gowa yang lebih baik sebagaimana yang dicita-citakan bersama.

"Untuk itu, kita harus senantiasa bergandengan tangan secara bersama-sama sesuai peribahasa, 'Berat sama dipikul, ringan sama dijinjing' dalam melakukan perubahan baik aspek fisik maupun dari aspek sosial budaya, ekonomi, dan lingkungan," ujar Muh Ishak.

Sementara itu, Adnan mengatakan Gowa sudah mengalami perubahan signifikan dari waktu ke waktu. Dari aspek fisik, tersedianya ruang terbuka hijau khususnya di kawasan perkotaan makin berkurang. 

Dari segi aspek sosial budaya, lanjut Adnan, penduduk dan aktivitasnya makin beragam sejalan Gowa sebagai penyangga ibukota dan pusat pertumbuhan, yang mengundang migrasi penduduk dari daerah lain, dengan dampak meningkatnya pertumbuhan ekonomi, meski berjalan paralel dengan degradasi kualitas lingkungan hidup.

"Hal inilah tentunya harus diantisipasi secara cerdas dengan memulihkan kualitas lingkungan agar tetap menjadi tempat yang nyaman bagi sistem kehidupan, sekaligus memberi dampak terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat dalam jangka panjang," tutur Adnan.

Tak hanya itu, untuk mendukung hal tersebut, saat ini pemerintah sedang melaksanakan revitalisasi dan beberapa program pembangunan, yakni, Revitalisasi kawasan ruang terbuka hijau, melakukan penataan infrastruktur perkotaan melalui pembangunan pedestrian serta menggalakkan program kesehatan lingkungan dan perilaku hidup bersih.

"Termasuk juga program kabupaten sehat, program Kesehatan Olahraga (Kesorga), Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), dan program Kotaku dan Kota Hijau", kata bupati termuda di KTI ini.

Dikatakan kembali, hari jadi Gowa kali ini hendaknya menjadi titik tolak lahirnya budaya perubahan. Berubah untuk menjadi lebih baik, dan menjadi yang terbaik guna mengantarkan kepada kehidupan yang lebih sejahterah, demokratis, dan bermartabat.

"Mari membangun daerah ini dengan mengedepankan kecerdasan, kreativitas, dan budi pekerti yang baik sehingga pertumbuhan fisik, sosial, budaya, ekonomi dan lingkungan dapat berjalan pararel dengan pelestarian dan keseimbangan sistem kehidupan," tutur Adnan.

Loading...