Jumat, 16 November 2018 11:25 WITA

Bilik Suara Bekas Pilgub Akan Digunakan di Pemilu 2019

Penulis: Rizal
Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Bilik Suara Bekas Pilgub Akan Digunakan di Pemilu 2019

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Bilik suara bekas Pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur (Pilgub) Sulsel yang dipakai Juni lalu, rencananya akan kembali dipergunakan pada Pemilu, 17 April 2019 mendatang. Bilik suara tersebut berbahan baku aluminium. 

Hal tersebut disampaikan oleh komisioner Divisi Logistik KPU Sulsel, Syarifuddin Jurdi. Menurutnya, kebijakan tersebut diambil setelah mendapat restu dari KPU RI. Sementara untuk kotak suara, menurut Syarifuddin, tetap yang dari bahan baku kardus.

"Bilik suara ini kita bisa pakai aluminium. Cuma bilik, kotak suara tidak. Ini kebijakan KPU RI langsung," tuturnya, Jumat (16/11/2018).

Namun, menurut Syarifuddin, KPU RI memberikan syarat penggunaan kembali bilik suara bekas Pilgub tersebut. Menurutnya, bilik suara ini mesti diverifikasi lagi untuk menentukan standar layak atau tidaknya digunakan kembali.

"Harus berkualifikasi baik dan layak pakai. KPU didaerah tengah melakukan pendataan kembali logistik bilik suara aluminium yang dipunyai saat ini. Berapa yang masih baik dan layak pakai, serta berapa kekurangannya. Tapi, KPU yang bilik suaranya masih kurang, tidak akan mendapatkan tambahan bilik suara berbahan aluminium. Jadi kekurangannya ditutupi dengan menggunakan bilik suara berbahan kardus seperti yang telah diputuskan KPU RI," jelas akademisi UIN Alauddin Makassar tersebut.

Loading...

Sekadar diketahui, khusus pada Pemilu 2019 nanti, KPU RI sebenarnya sudah memutuskan untuk menggunakan logistik berupa bilik suara dan kotak suara berbahan baku kardus. Namun, KPU Sulsel mengajukan permohonan ke KPU RI untuk tetap menggunakan beberapa logistik yang digunakan di Pilgub lalu. Alasannya, logistik berbahan kardus rentan mengalami kerusakan dalam proses distribusi ke sejumlah daerah di Sulsel yang tergolong ektrem dan terisolir.

KPU RI hanya mengizinkan logistik berupa bilik suara yang bisa digunakan kembali. Kebijakan yang sama tidak bisa digunakan untuk kotak suara. Sebab pada Pemilu 2019, aturan mengharuskan kotak suara memiliki sisi transparan, yang bisa memperlihatkan isi dari kotak. Sementara, kotak suara bekas Pilgub lalu yang berbahan aluminium, tidak memiliki spesifikasi tersebut.

Adapun jumlah total kebutuhan kotak dan bilik suara Pemilu 2019 mencapai 236.871 unit. Hitungan tersebut merupakan akumulasi dari kebutuhan tiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada di Sulsel mencapai 26.318 buah. Di mana tiap TPS memerlukan 4 bilik suara dan 5 kotak suara. Artinya dibutuhkan 105.276 buah bilik suara dan 131.595 kotak suara. 

Loading...
Loading...