Jumat, 16 November 2018 08:23 WITA

Bupati Jeneponto Raih Penghargaan Natamukti Award 2018

Penulis: Zul Lallo
Editor: Abu Asyraf
Bupati Jeneponto Raih Penghargaan Natamukti Award 2018
President of ICSB Indonesia Hermawan Kartajaya menyerahkan Natamukti Award 2018 kepada Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar, Kamis (15/11/2018).

RAKYATKU.COM,JENEPONTO - Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar meraih penghargaan Natamukti Award 2018. Penyerahan berlangsung di gedung Puspiptek Serpong, Tangerang Selatan, Kamis (15/11/2018).

Bupati Jeneponto Iksan Iskandar dianggap mampu mendorong penciptaan iklim pengembangan UMKM yang kondusif di daerah. Hal itu dinilai melalui kebijakan dan regulasi serta pembinaan yang berkesinambungan.

Penghargaan diserahkan President of ICSB Indonesia Hermawan Kartajaya. Saat menerima penghargaan ini, Iksan didampingi antara lain Kepala Dinas Koperasi dan UKM Zubair, Kabag Humas Syarifuddin Lagu, Kepala Bidang Pemberdayaan UKM Mustaufiq, dan staf galeri kemasan UKM, Masita.

Penghargaan ini datang dari International Council for Small Business (ICSB), organisasi non-profit dunia yang mempertemukan para akademisi, peneliti, pembuat kebijakan, dan praktisi. Organisasi ini menjadi motivator penggerak di berbagai sektor. Termasuk sektor usaha kecil menengah.

Penghargaan Natamukti tersebut diberikan ICSB bekerja sama Kementerian Koperasi dan UKM RI atas kinerja pemerintah dan stakeholders di daerah. Itu salah satui bentuk apresiasi kepada daerah yang terus bersinergi dalam membina dan mengembangkan UMKM.

"Ekosistem UMKM yang kondusif hanya bisa dicapai dengan kontribusi dari berbagai pihak seperti pemerintah, praktisi bisnis, akademisi, dan peneliti. Namun peran pemerintah daerah dalam mendukung UMKM menjadi pilar pendorong utama ekonomi lokal," ujar Syarifuddin. 

Acara itu turut dihadiri Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga. Dia berharap penghargaan tersebut menjadi motivasi para kepala daerah untuk terus berinovasi dalam pengembangan UMKM sebagai penggerak ekonomi kerakyatan.

"Terus bergerak dengan baik, dan apresiasi yang tinggi buat OPD terkait yang telah mampu mengelaborasi seluruh program dengan baik," katanya.