Kamis, 15 November 2018 17:19 WITA

Tersangka Pemilik Kapal KM Lestari Maju Dilimpahkan ke Kejaksaan

Penulis: Himawan
Editor: Aswad Syam
Tersangka Pemilik Kapal KM Lestari Maju Dilimpahkan ke Kejaksaan
KM Lestari Maju, saat detik-detik kandas.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Dit Reskrimsus Polda Sulsel, akhirnya menuntaskan tahap dua pelimpahan tersangka kasus tenggelamnya KM Lestari Maju ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulsel. 

Tersangka itu adalah pemilik kapal Hendra Yuwono Njo. Pelimpahan Hendro Yuwono sendiri, sudah dilakukan pada Rabu, 14 November 2018 kemarin. 

"Hari ini saya barusan telepon jaksanya, dia bilang untuk tersangka Hendro pemilik kapal sudah tahap dua kemarin," kata Kasipenkum Kejati Sulsel, Salahuddin, Kamis (15/11/2018). 

Pelimpahan Hendro Yuwono Njo, sedikit terlambat dibanding dua tersangka lainnya. Baik pihak kepolisian maupun kejaksaan, enggan merinci alasannya. Namun menurut Salahuddin, penundaan pelimpahan biasanya disebabkan beberapa hal seperti tersangka sakit. 

"Bisa juga alasan barang bukti, bisa juga karena koordinasinya yang miss terkait waktu, mengingat tahap duanya di Selayar. Kejati hanya memfasilitasi antara penyidik dengan jaksa, di mana akan ditahap duakan," imbuhnya. 

KM Lestari Maju sendiri, karam di perairan Pa'baddilan, Desa Bongayya, Kecamatan Bonto Matene, Kabupaten Kepulauan Selayar Juli 2018. Peristiwa itu, menewaskan 36 orang, termasuk beberapa anak-anak. 

Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Sulsel, dalam kasus ini menjerat pemilik kapal dengan Pasal 358 KUHP, jo pasal 310 subsidair pasal 135 UU RI No 16 tahun 2008, tentang pelayaran.