Kamis, 15 November 2018 00:10 WITA

Disdukcapil Ajak Warga Jeneponto Proaktif Lakukan Perekaman KTP Elektronik

Penulis: Zul Lallo
Editor: Abu Asyraf
Disdukcapil Ajak Warga Jeneponto Proaktif Lakukan Perekaman KTP Elektronik
Bupati Jeneponto Iksan Iskandar menyerahkan secara simbolis surat keterangan berdasarkan hasil konversi perekaman KTP elektronik kepada KPU, Bawaslu, Camat Binamu, Lurah Tolo Kecamatan Kelara, dan Desa Lebangmanai

RAKYATKU.COM,JENEPONTO - Pemerintah Kabupaten Jeneponto melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) menggelar sosialisasi kebijakan kependudukan tahun 2018 dan penyerahan KTP elektronik, Rabu (14/11/2018).

Selain dihadiri Bupati Jeneponto Iksan Iskandar, juga unsur Forkompinda, pimpinan OPD, hadir pula Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Pengendalian Penduduk dan KB Provinsi Sulsel Hj Sukarmiaty Kondolele, serta seluruh kepala desa/lurah se-Kabupaten Jeneponto.

Sukarmiaty dalam arahannya meminta kepada seluruh warga yang belum merekam KTP elektronik untuk segera melakukan perekaman e-KTP di kantor Disdukcapil setempat. "Oleh karena itu wajib kita tuntaskan e-KTP ini sebanyak 126.000 orang," pinta Sukarmiaty.

Dikatakannya, bahwa saat ini inovasi sedang digalakkan dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat dalam perekaman e-KTP, sesuai Pepres Nomor 98 Tahun 2018.

"Mudah-mudahan pada tahun 2018 ini perekaman e-KTP sudah tuntas demi membantu kelancaran penyelenggaraan Pilpres dan Pileg 2019", ujarnya.

Bupati Jeneponto Iksan Iskandar dalam sambutannya mengungkapkan, berdasarkan data dari Disdukcapil, jumlah penduduk Kabupaten Jeneponto per 29 Oktober 2018 sebanyak 411.636 jiwa. Jumlah wajib KTP elektronik terdapat 256.937 jiwa. Sementara yang sudah melakukan perekaman 86,10 persen.

Bupati Iksan Iskandar juga meminta kepada aparat pemerintah desa/kelurahan yang dikoordinasikan melalui kecamatan agar mampu menjalin kerja sama yang baik dan mengkomunikasikan kegiatan ini kepada seluruh masyarakat. "Bahwa kepemilikan KTP elektronik merupakan syarat utama mencoblos," kata dia.

Sebelumnya Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Jeneponto Aspa Muji dalam laporannya menyampaikan apresiasi kepada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Pengendalian Penduduk dan KB Provinsi Sulsel atas bantuannya selama ini. Antara lain berupa pemberian blangko KTP elektronik secara gratis.

Dalam kesempatan tersebut juga diserahkan secara simbolis surat keterangan berdasarkan hasil konversi perekaman KTP elektronik kepada KPU, Bawaslu, Camat Binamu, Lurah Tolo Kecamatan Kelara, dan Desa Lebangmanai yang diserahkan Bupati Jeneponto Iksan Iskandar.

Iksan didampingi Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Pengendalian Penduduk dan KB Provinsi Sulsel Sukarmiaty Kondolole dan Plt Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Kabupaten Jeneponto Aspa Muji.